Oktober 21, 2021

PACE “Pacitan Cerdas”

NgalamNews – PACE merupakan kegiatan dari salah satu komunitas yang bergerak dibidang pendidikan yang berfokus untuk mencapai cita-cita. Beberapa waktu kemarin, telah terlaksana kegiatan PACE atau Pacitan Cerdas pada Sabtu, 22 Mei 2021.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan berkolaborasi bersama FPPI (Forum Pemberdayaan Perempuan Indonesia) Cabang Pacitan, serta dihadiri Ibu Efi Suraningsih selaku Ketua PKK Kabupaten Pacitan dan Bapak Sukarwan selaku Camat Nawangan Kabupaten Pacitan.

Peserta dari kegiatan ini diikuti oleh anak-anak SD sebanyak 23 orang dan ibu-ibu di Desa Pakis Nawangan sebanyak 25 orang dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Acara ini dibagi menjadi 3 kegiatan yang dilaksanakan bersama yaitu Kelas Membatik, Kelas Ecoprint dan Pace Kelas. Selain itu, kegiatan pameran produk UMKM dari Kecamatan Nawangan yang ikut serta memeriahkan acara.

Jenis kegiatan yang dijalanlan oleh PACE ada dua yaitu program utama dan program pendukung. Untuk sasaran program kegiatan dari anak-anak TK, SD, SMP dan SMA serta lapisan masyarakat.

Tujuan berdirinya PACE sebagai wadah informasi dan pengembangan pendidikan di Pacitan hingga menyentuh pelosok desa.

PACE dirintis oleh Gandung Senatama atas dasar pengalamannya sebagai lulusan mahasiswa Universitas Brawijaya. Awal terbentuk Gandung mengandalkan platform online di media sosial karena tahun 2020 sudah menyebar virus Corona yang akhirnya untuk berkegiatan offline sangat susah.

Pada bulan Februari tahun 2021, Gandung dan Tim PACE sudah mulai bergerak untuk kegiatan offline di Kabupaten Pacitan.

Kegiatan yang dilaksanakan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang profesi yang belum familiar kepada adik-adik dan melatih softskill membatik dan ecoprint.

Kegiatan kali ini mendapat respon yang sangat positif dan mendapatkan antusias yang cukup tinggi dari berbagai pihak.

Seperti yang telah diungkapkan oleh pencetus kegiatan ini, diharapkan dengan adanya kegiatan PACE ini dapat memberikan manfaat dengan menjadi wadah pengembang softskill, bakat minat, serta pengetahuan yang belum dimiliki.

Selain itu dengan adanya PACE ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi seluruh lapisan masyarat dimanapun berada. “Harapannya untuk pendirian pace semoga dapat menjadi platform atau wadah teman teman untuk mengembangkan dari soft skill, bakat, minat, serta pengetahuan yang belum mereka miliki yang bisa digunakan untuk masa depan.

Dan harapannya juga semoga PACE bisa memberikan dampak positif dari semua lapisan masyarakat hingga desa desa lainnya”, terang Gandung Senatama selaku pencetus PACE (nisa’)