NgalamNews || Xiaomi baru saja mengumumkan seri andalan terbarunya di pasar global yakni Xiaomi 13 dan 13 Pro. Kedua handset tersebut hadir dengan chipset Snapdragon 8 Gen 2 terbaru dan terhebat dari Qualcomm berdasarkan proses manufaktur 4nm TSMC.

Mungkin yang lebih penting, kedua perangkat menawarkan peningkatan substansial di departemen kamera dan memamerkan desain baru. Sejauh ini, kedua handset tersebut baru diluncurkan di Tiongkok namun tampaknya akan dihadirkan juga di pasar lainnya dalam waktu dekat.

Desain Xiaomi 13 Pro

Dari sisi desain, Xiaomi 13 Pro tidak banyak berubah. Xiaomi 12 Pro memiliki layar 6,73 inci, seri 13 Pro yang terbaru memiliki layar yang sama dengan spesifikasi yang hampir sama.

Dikutip dari riuapos.jawapos.com Spesifikasi ini termasuk kecepatan refresh variabel 120Hz karena merupakan panel LTPO, resolusi 1.440 x 3.200 piksel, HDR10+, Dolby Vision, HLG, dan peredupan DC 1920Hz melawan PWM agresif. Layar juga memiliki sensor suhu warna sekitar yang memungkinkannya menyesuaikan suhu warna dengan cepat.

Satu-satunya peningkatan di sini adalah kecerahan maksimum dan puncak yang diiklankan. Layar 13 Pro baru dapat menerangi seluruh area permukaan pada 1.200 nits, sedangkan peningkatan kecerahan puncak selama pemutaran video HDR, misalnya, dapat mencapai 1.900 nits.

Sementara dari sisi jeroan, Snapdragon 8 Gen 2 yang disebutkan di atas dipasangkan dengan memori LPDDR5X dan penyimpanan UFS 4.0 generasi berikutnya.

Sejauh menyangkut kamera, Xiaomi 13 Pro sekali lagi menampilkan pengaturan tiga kali lipat 50 MP di bagian belakang, tetapi dengan peningkatan penting. Sony IMX989 1 inci yang terkenal, sensor 1,6 mikron dari Xiaomi 12S Ultra kini dipasangkan dengan lensa bermerek Leica dengan aperture f/1.9 dan Hyper OIS.

Kamera telefoto juga mendapat peningkatan yang solid. Ini lagi 50 MP tetapi dengan jangkauan zoom 3x lebih jauh dan elemen Leica Floating Lens, tetapi dengan bukaan f / 2.0 yang sedikit lebih kecil. Bagian yang menarik adalah bahwa lensa ini memiliki jarak pemfokusan yang dekat, hanya 10 cm.

Sementara sensor ultrawide-nya tidak mendapatkan teknologi mewah baru. Pada kamera ini kekuatan sensornya adalah 50MP, f / 2.2, 14 mm lama yang bagus dengan dukungan makro, yang berarti fitur Auto Fokus juga ada di pengaturannya.

Baterai mendapat sedikit peningkatan menjadi 4.820 mAh dan dipasangkan dengan chip Surge G1 Xiaomi yang memungkinkan pengisian kabel 120W yang aman dan pengisian nirkabel 50W. Ada juga pengisian nirkabel terbalik 10W biasa. Tidak ada yang baru di sini.

Fitur lainnya termasuk speaker stereo yang disetel Dolby Atmos dengan fitur pelacakan kepala baru Dolby, blaster IR dan, tentu saja, perlindungan debu dan air IP68, yang merupakan tambahan baru untuk seri andalan utama Xiaomi.

Perangkat ini hadir dalam empat pekerjaan cat di bagian belakang keramik – Putih, Hitam, Hijau, dan semacam Biru Muda, yang merupakan iterasi kulit dan bukan keramik.

Layar Xiaomi 13

Layar Xiaomi 13 sekarang sedikit lebih besar, berukuran 6,36 inci diagonal dan pada dasarnya memiliki spesifikasi yang sama seperti sebelumnya resolusi 1.080 x 2.400 piksel, kecepatan refresh 120Hz (tidak ada kontrol granular yang tersedia karena bukan LTPO), dukungan Dolby Vision, HDR10+ dan HLG dan dibantu oleh sensor suhu warna sekitar dan seperti varian Pro, kecerahan layarnya juga ditingkatkan.

Pengaturan kamera di bagian belakang juga mendapatkan perawatan Leica di semua kameranya. Unit utama adalah 50 MP, f/1.8, 23mm, 1/1.56″, 1.0 mikron dan Hyper OIS. Di varian 13 biasa juga terdapat sensor telefoto.

Ada 10MP OIS-aided kamera dengan lensa Leica, bukaan f/2.0 dan zoom 3x asli Ultrawide sekarang 12MP dengan bukaan f/2.2, kemungkinan tanpa dukungan fokus otomatis.

Pengaturan baterai juga sama – sel 4.500 mAh yang mampu mengisi daya kabel cepat 67W, pengisian nirkabel 50W, dan pengisian nirkabel terbalik 10W.

Fitur bonus Xiaomi 13 juga mencakup speaker stereo Dolby Atmos dengan Dolby Head Tracking, blaster IR, dan sertifikasi IP68 terhadap air dan debu.

Berbeda dengan Pro, versi reguler menggunakan kaca standar di bagian belakangnya dan tersedia dalam warna Hitam, Hijau Muda, Biru Muda, Abu-abu, dan Putih. Warna mencolok tambahan juga tersedia yakni Merah, Kuning, Hijau dan Biru dan keseluruhan perangkat ini termurah dijual dengan harga Rp8,9 jutaan.

Sumber: Jawapos.com Editor: Eka G Putra

By Riyadi