NgalamNews – Say, gausah khawatir meskipun kamu berjilbab setiap hari, karena sebenarnya perawatannya tidak membutuhkan banyak biaya. Hanya saja kadang banyak yang melakukan kesalahan perlakuan rambut sehari-hari. Bagi muslim perintah berhijab tertera pada kita Al Qur’an Surat Al Ahzab Ayat 59, terjemahnya yaitu “Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, ‘Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka’. Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun Maha Penyayang.”

Merawat rambut berhijab tidak sulit bunda, hanya memerlukan penangan yang tepat saja. Selain mentaati peraturan agama, jilbab juga boleh saja dikenakan non muslim untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan saat keluar rumah. Yuk simak.

1.            Kapan memakai jilbab?

Pakailah jilbab di saat rambut benar-benar kering, jangan memakai jilbab saat rambut masih basah. Karena akan membuat rambut bau apek, selain itu sakit kepala karena lembab d kepala dalam jangka waktu yang lama.

2.            Kapan mencuci rambut?

Mencuci rambut setiap hari dapat membuat kering, kecuali untuk rambut kribo memang harus sering dicuci karena kotoran dan bau mudah menempel. Rambut lurus dan ikal dapat dicuci dua hari sekali, kecuali saat anda sangat berkeringat misalnya setelah berolahraga atau sangat kotor dan setelah berenang harus langsung dibersihkan.

3.            Cara mengikat rambut berhijab

Jangan ikat rambut saat masih basah, jika jilbabnya lebar, maka biasa diuray jika belum benar kering. Jika ingin lebih rapi bisa menggunakan inner/Ciput, tentunya tata rapi rambut dan ikat menggunakan tali atau karet rambut jangan terlalu kencang agar tidak membuat kamu pusing ya say. Jangan lupa ikatanya jangan sampai terlihat di ujung jilbab, karena tujuan berjilbab sejatinya untuk menutup aurat.

4.            Perawatan tambahan rambut

Meski berjilbab, tetap harus dirawat ya say. Karena meski tertutup, lebih baik dirawat denagn baik. Agar tetap sehat dan nyaman terjaga kebersihan, kesehatan dan kelembutan rambut. Menggunakan conditioner minimal 1-2x seminggu, vitamain rambut setiap habis keramas, hair mask minimal sebulan sekali. Nah say kalau pakai vitamin/serum/minyak zaitun rambut jangan diratakan seluruhnya sampai akar rambut, karena akan membuat lengket.

Meski berjilbab menjaga kebersihan, kesehatan dan kecantikan itu Sunnah. (Milla)

By Riyadi