NgalamNews – Mom, jengkel masakannnya atau bahan makanannya yang lupa ditaruh di lemari es cepat basi? Nah, Mungkin mom cara menyimpannya dan kotak penyimpanannya kurang tepat. Yuk simak tips menjaga makanan agar tidak cepat basi.

1.            Cara Memasak

Mom mungkin memasak terburu-buru, sehingga masakan tidak masak betul-betul. Pastikan bahwa masakan mom sudah benar-benara matang semua hingga merata. Misalnya tumis sayuran hingga agak kecoklatan. Kalau masakan matang betul, maka disimpan terbuka, tertutup atau tidak disimpan di lemari es sekalipun tidak akan basi ya mom.

2.            Cara Penyajian

Menyajikan tentu saja biasanya di meja makan atau meja saji atau di carpet jika mom senang lesehan. Saat disajikan masih panas dan baru diangkat dari wajan, masakan jangan langsung ditutup rapat saat disajikan ya mom. Boleh pakai penutup tapi beri celah seidkit untuk keluar udara dari uap masakan. Karena uap yang mengendap dan kembali ke makanan dapat membuat makanan juga cepat basi. Atau mom bisa membiarkan dahulu hingga asap mengepul dari makanan habis, baru ditutup makanannya.

3.            Cara Penyimpanan

Menyimpan di lemari es memang praktis mom. Eits tunggu dulu mom, jangan menggunakan tempat dar kaca, keramis ataupun berbahan logam karena dapat merusak lemari es. Sebaiknya menggunakan mangkuk atau kotak plastik anti pecah yang memiliki tutup rapat. Makanan yang disimpan sebaiknya ditutup agar bau makanan tidak mencemari lemari es ataupun sebaliknya.

Jika disimpan selain di lemari, misalnya lemari, meja atau rak, mommy sebaiknya pilih tempat yang kering, tidak terkena matahari langsung. Karena tempat lembab akan membuat makanan mudah berjamur sehingga basi. Jangan lupa, pakai penutup.

Khusus nasi yang tidak dimasak di magic com, jika di lemari es disimpannya gunakan wadah yang memiliki penutup. Jika nasi disimpan di luar lemari es sebaiknya simpan di tempat nasi uang memiliki lubang udara sehingga tidak mudah benyek lalilu menjadi basi.

4.            Cara Menghangatkan

Mommy, mungkin malas dan jengkel kalau harus selalu menghangatkan makanan dan merubah rasa bahkan bentuk makanan. Menghangatkan makanan sebaiknya dengan api sedang atau kecil, karena makanan sudah matang ajdi hanya perlu suhu panas sedikit untuk membuatnya tetap enak dimakan. Karena, terlalu lama memasak juga akan membuat tekstur makanan menjadi rusak bahkan hancur. (Milla)

By sugeng