NgalamNews || Timnas U-20 Indonesia dan sejumlah tim lain, terutama Thailand, masih menanti hasil Grup H Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Dikutip dari bolasport.com Bagi Garuda Nusantara, hasil di grup yang berisi Australia, Irak, India, dan Kuwait itu memiliki makna penting dalam perbaikan posisi pot drawing Piala Asia U-20 2023.

Sedangkan bagi Thailand jauh lebih penting lagi karena posisinya saat ini sangat kritis. Pasukan Gajah Perang muda itu berada di urutan kelima atau terakhir dalam klasemen runner-up yang berhak lolos ke Piala Asia U-20 2023.

Dari jumlah nilai, mencetak gol, kebobolan, hingga selisih gol, semuanya sama dengan Suriah yang persis di atasnya. Namun, Thailand terkena hukuman poin disiplin yang berbanding tipis, yaitu -10, sedangkan Suriah -8.

Jika nanti runner-up Grup H mendapatkan nilai hingga selisih gol yang juga sama, tapi dengan poin disiplin di bawah -10, maka seluruh pencinta sepak bola Thailand akan menangis seperti Malaysia.

Pasalnya, mereka bukan cuma gagal ke Piala Asia U-20 2023, melainkan juga tak bisa tampil di Indonesia untuk merasakan nikmatnya pesta akbar Piala Dunia U-20 2023. Grup H Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 baru akan dilaksanakan pada 14-18 Oktober 2022.

Tanggal pelaksanaan itu telat dan tak bisa bersamaan dengan 9 grup lain gara-gara Australia dan India hilang dari Grup H. Australia mundur karena tak mau bermain jika tuan rumahnya tetap di Irak, sebab mengancam jiwa para pemainnya.

India hilang karena terkena sanksi dari FIFA gara-gara intervensi pihak ketiga terhadap federasi sepak bolanya. Belakangan, kedua tim itu masuk kembali ke Grup H setelah tuan rumah kualifikasi dipindahkan ke Kuwait dan sanksi India dicabut FIFA seusai penghapusan intervensi.

Peserta Piala Asia U-20 2023 kini memang hanya menunggu 2 tim lagi agar genap 16. Tuan rumah Uzbekistan sudah menyiapkan stadion dan seluruh prasarananya untuk turnamen tanggal 1-18 Maret 2023 itu.

Berdasarkan pembagian sementara pot drawing, Uzbekistan, Arab Saudi, Korea Selatan, dan Qatar berada di kelompok unggulan pertama. Pembagian pot itu berdasarkan performa di Piala Asia U-19 2018 dan kualifikasi.

Uzbekistan masuk pot 1 karena tuan rumah, disusul Arab Saudi sebagai juara bertahan, Korea Selatan runner-up, dan Qatar semifinalis terbaik pertama. Jepang masuk ke pot 2 karena menjadi semifinalis terbaik kedua.

Tajikistan juga masuk ke pot 2 meski hanya memiliki 7 poin dari hasil kualifikasi lalu, kalah dari Indonesia. Namun, performa hasil pertandingannya di perempat final Piala Asia U-19 2018 masih lebih baik, yaitu kalah 0-1 dari Korea Selatan, sedangkan Indonesia kalah 0-2 dari Jepang.

Dua tim lagi di pot 2 masih kosong, tapi Garuda Nusantara sangat berpotensi mengisinya.

Saat ini Indonesia masih di pot 3 bersama Yordania, China, dan Vietnam. Walau hanya dalam posisi menunggu hasil Grup H, tapi syarat untuk naik kelas ke pot 2 itu cukup mudah.

Jika Australia menjadi juara grup, meski poin akhirnya di bawah Indonesia, maka dia masuk ke pot 2. Timnas U-20 Indonesia akan mengisi slot terakhir atau posisi keempat pot itu karena pencapaian Australia di Piala Asia U-20 2018 dianggap lebih baik.

Namun, bila Australia gagal menjadi juara grup, maka anak-anak Shin Tae-yong yang berhak mengisi slot ketiga pot 2.

Berdasarkan pencapaian di Piala Asia U-19 2018 dan kualifikasi untuk 2020, yang putaran finalnya gagal digelar karena pandemi Covid-19, Australia atau Irak lebih berpotensi jadi juara grup.

Kedua tim itu sama-sama memiliki kans meraup poin akhir 7. Bila Australia yang unggul, maka Irak menjadi salah satu runner-up terbaik sekaligus menyingkirkan Thailand.

Akan tetapi, bila Irak yang unggul, maka tim Asia Barat ini tak otomatis masuk ke pot 2. Keunggulannya itu justru mendongkrak Muhammad Ferarri dkk ke pot 2 diikuti Yordania.

Irak malah akan masuk ke pot 3 bersama Australia.

POT SEMENTARA DRAWING PIALA ASIA U-20 2023

Pot 1

1 Uzbekistan

2 Arab Saudi

3 Korea Selatan

4 Qatar

Pot 2

5 Jepang

6 Tajikistan

7

8

Pot 3

9 Indonesia (Potensi Pot 2)

10 Yordania (Potensi Pot 2)

11 China

12 Vietnam

Pot 4

13 Iran (Potensi Pot 3)

14 Oman (Potensi Pot 3)

15 Suriah

16 Kirgistan

By Riyadi