Uncategorized
TERCATAT 103 BENCANA MELANDA KOTA MALANG, PALING BANYAK KEBAKARAN

TERCATAT 103 BENCANA MELANDA KOTA MALANG, PALING BANYAK KEBAKARAN

Ngalamnews – Malang. Dalam kurun waktu 6 bulan, tercatat 103 bencana terjadi di Kota Malang. Hal ini terhitung dari bulan Januari hingga bulan Juni tahun 2019. Jumlah tersebut meningkat apabila dibandingkan dengan tahun 2018 yakni tercatat 93 kejadian.

Salah satu Anggota Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang, Aziz Hermawan menyampaikan bahwa dari 103 kejadian 88,3 persennya disebabkan oleh kebakaran. Hal ini disebabkan oleh musim kemarau dan hembusan angin yang cukup kencang.

Kasus kebakaran yang terjadi di Kota Malang terdiri dari tiga jenis. Pertama kebakaran bangunan, kedua kebakaran panel listrik, dan ketiga kebakaran rumpun bambu. Untuk karena itu, Kepala Damkar Kota Malang, Antonio Viera mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada terkait ancaman kebakaran terutama di lahan-lahan kosong. Beliau berkata, hal sekecil apapun bisa saja memicu terjadinya kebakaran. Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar tidak terbiasa membakar sampah di musim kemarau.

Selain bencana kebakaran, terdapat bencana tanah longsor. Musibah ini terjadi di beberapa wilayah di Kota Malang terutama di pinggiran DAS Brantas sering dilanda tanah longsor. Hasil analisa menyebut faktor geomorfologi dan kerapatan permukiman menjadi penyebab utamanya.

Sumber : Surya Malang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *