Januari 28, 2022

SRPB Jatim Buka Desk Relawan Semeru

NgalamNews – Sebanyak 31 organisasi relawan ikut dalam operasi kemanusiaan penanganan erupsi Gunung Semeru. Jumlah ini akan terus bertambah mengingat potensi relawan sangat dibutuhkan di lokasi bencana.

Seperti diketahui, Gunung Semeru meluncurkan awan panas dan lahar dingin di beberapa kawasan di Lumajang dan sekitarnya, Sabtu, 5 Desember 2021, sore.

Peristiwa ini juga menyebabkan korban jiwa dan puluhan orang terluka, terutama luka bakar. Puluhan rumah rusak akibat terjangan awan panas dan abu Gunung Semeru.

Respon cepat pun datang dari beberapa organisasi relawan maupun organisasi mitra Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim. Mereka ikut dalam penanganan erupsi.

Beberapa organisasi yang telah turun maupun siap terjun di lokasi adalah I HAVe, Galena Rescue, Dompet Dhuafa, LMI Rescue, ACT MRI, Formula LAZ Al Azhar, Rumah Zakat Action, UAC YDSF, SAR DSI, DT Peduli, Tagana, Nurul Hayat, Forum Me-DAN Indonesia, Gimbal Alas Indonesia, Imapala Unmer Malang, dan Human Initiative.

Kemudian, Tanggul Bencana GKJW, Banser Bagana, Sahabat Kebaikan Bogor, Lembaga Aksi Insan Nusantara, Korrek Unej, NZR Fondation, ASAR Humanity, KUN Humanity System+, BSMI, Gusdurian Peduli, BAZNAS Tanggap Bencana, Gerak Bareng, Rumah Sosial, SAR Trenggana, dan SAR FKAM.

“Kami terus mendata organisasi relawan maupun organisasi mitra yang ikut dalam penanganan Semeru,” ungkap Sekretaris SRPB Jawa Timur Dwi Rossantiana.

Hingga pukul 22.54 WIB, Sabtu, 4 Desember 2021, sudah ada 31 organisasi yang mendaftar di di Pos Desk Relawan SRPB Jatim. Sedangkan organisasi-organisasi relawan yang mau bergabung bisa menghubungi No HP/ WA 0822 2881 4689.

Menurut Ocha, panggilan Dwi Rossantiana, pihaknya terus membuka pintu bagi organisasi relawan untuk bergabung di Pos Desk Relawan SRPB Jatim. “Hari Minggu, 5 Desember 2021 kami buka lagi,” jelasnya.

Untuk organisasi relawan yang ingin berpartisipasi bisa bergabung di Grup WhatApps Pos Desk Relawan Semeru 2 dengan link berikut ini. https://chat.whatsapp.com/LnXlSMnqCLr2L3gWNmuwQq .Sedangkan Person in Charge (PIC)-nya adalah Wawan Kimiawan dan Andreas Eko Muljanto (Leo).

Sedangkan untuk GWA Pos Desk Relawan Semeru 1 sudah penuh.(*)