NgalamNews – Humas Polresta Malang Kota mendatangi kantor NusaDaily.com untuk lakukan silaturahmi, Kamis (6/5/2021). Dalam kunjungannya, mereka melakukan sosialisasi aplikasi Dumas Presisi Polri.

Aplikasi Dumas Presisi merupakan singkatan dari Pengaduan Masyarakat Prediktif, Responsibilitas, Transparansi, dan Berkeadilan. Aplikasi Dumas Presisi diciptakan untuk mewujudkan bentuk transparansi dan handling complain bagi masyarakat.

“Aplikasi ini sudah diterapkan di Polresta Malang Kota. Melalui aplikasi Jogo Ngalam, ada programnya wadul polisi,” terang Kasi Humas Polresta Malang Kota, Iptu Ni Made Seruni Marhaeni.

Perempuan yang akrab disapa Uty tersebut menjelaskan, inovasi Polri itu telah diterapkan di Polresta Malang Kota untuk memudahkan masyarakat melaporkan sesuatu pada penegak hukum. Laporan itu berupa pengaduan terhadap oknum polisi yang “nakal”.

Berkat aplikasi tersebut, pelapor tidak perlu datang ke kantor polisi, cukup mengirim pengaduan melalui handphone.

“Aplikasi Dumas Presisi langsung ditangani oleh fungsi pengawas Polri. Dan aplikasi yang sudah diresmikan oleh bapak Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, yang juga sudah bisa diunduh melalui Play Store,” kata dia.

Dirinya menjelaskan, melalui aplikasi tersebut, masyarakat bisa mengadukan jika ada oknum polisi yang nakal, atau bahkan pelayanan kepolisian yang tidak memuaskan.

“Setiap laporan atau aduan dari masyarakat, pasti segera ditindaklanjuti. Masyarakat tidak perlu takut, karena nama pelapor dijamin kerahasiaannya,” jelas dia.

Dirinya juga mengungkapkan, aplikasi Dumas Presisi ini sebagai wujud tuntutan zaman dari kemajuan teknologi.

“Polri selalu berbenah, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Selain itu Polri, senantiasa mewujudkan transparansi dan peningkatan penanganan pengaduan masyarakat melalui sistem online,” tandas dia.

Menurutnya, melalui aplikasi tersebut, juga untuk meminimalisir adanya potensi gejolak yang terjadi di masyarakat. Mengingat, saat ini, sosial media sudah sangat masif.

Sementara itu, Chief Operating Officer (COO) NusaDaily.com memberikan apresiasi positif dengan adanya inovasi tersebut.

“Melalui aplikasi ini, bisa memudahkan orang-orang. Saat ini, di media sosial kami, justru banyak apresiasi dari masyarakat terkait tindakan polisi yang humanis dan memberikan pelayanan yang optimal,” tandas dia. Dikutip dari NusaDaily.com (nda/lna)

By Riyadi