NgalamNews || Setelah diluncurkan secara global pada Oktober lalu, ponsel flasghip Xiaomi 12T akhirnya dipastikan akan masuk di Indonesia.

Dikutip dari Kompas.com Dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Xiaomi mengumumkan akan merilis Xiaomi 12T 5G “reguler” di Tanah Air pada 1 Desember 2022 pukul 12.00 WIB.

“Konsisten dalam menghadirkan smartphone flagship di Indonesia, Xiaomi akan menghadirkan Xiaomi 12T 5G, smartphone dengan teknologi kamera terbaik untuk menangkap setiap momen dengan sempurna, dan bahkan mengubah momen biasa menjadi luar biasa,” tulis Xiaomi Indonesia.

Xiaomi juga sudah menungkap tanggal peluncuran Xiaomi 12T 5G di Indonesia lewat akun Instagram resminya dengan handle @xiaomi.indonesia. Dalam poster yang dibagikan, Xiaomi 12T 5G bakal bisa langsung dipesan saat acara peluncuran dimulai.

Saat diluncurkan secara global Xiaomi 12T series terdiri dari dua model, yaitu Xiaomi 12T “reguler” dan Xiaomi 12T Pro. Dengan demikian, bulan depan, tampaknya hanya ada satu model saja yang dirilis di Indonesia yaitu Xiaomi 12T reguler.

Sementara Xiaomi 12T Pro yang merupakan ponsel pertama Xiaomi dengan 200 MP ini tidak ikut diboyong. “Untuk informasi lebih lanjut terkait Xiaomi 12T 5G, nantikan peluncuran resmi Xiaomi 12T 5G pada 1 Desember 2022,” tulis Xiaomi Indonesia.

Xiaomi Indonesia mengungkapkan bahwa Xiaomi 12T 5G bakal menjadi ponsel penutup yang dirilis di Tanah Air tahun ini.

Dalam keterangan tertulis yang sama, Xiaomi Indonesia telah mengungkap sejumlah spesifikasi kunci dari Xiaomi 12T 5G versi Indonesia. Spesifikasinya tidak berbeda dengan versi global. Xiaomi 12T 5G mengunggulkan sektor kamera.

Ponsel ini dibekali kamera utama 108 MP Pro-grade camera yang diklaim Xiaomi merupakan salah satu kamera terbaik dan terbesar di kelasnya.

Kamera utama ponsel ini menggunakan sensor Samsung ISOCELL HM6 dengan teknologi Nanopixel Plus dan peningkatan autofocus, dan sudut bukaan 83.6° untuk kemampuan mengambil gambar wide-angle.

Tak hanya itu, kamera ponsel ini juga dilengkapi dengan OIS untuk membuat hasil foto menjadi lebih tajam, jelas, dan terang, walaupun dalam kondisi malam hari yang minim cahaya.

Adapula kemampuan perekaman video hingga resolusi 4K.

Xiaomi 12T 5G dilengkapi dengan dua kamera lain, yaitu kamera ultrawide 8 MP dan kamera makro 2 MP. Untuk swafoto, ponsel ini memiliki kamera selfie 20 MP.

Untuk layarnya, Xiaomi 12T mengusung panel AMOLED 6,67 inci dengan resolusi 2.712 x 1.220 piksel dan refresh rate 120 Hz. Di sektor dapur pacu, ponsel penerus Xiaomi 11T ini ditenagai chipset MediaTek Dimensity 8100-Ultra (5nm).

Xiaomi 12T juga dibekali baterai 5.000 mAh dengan dukungan HyperCharge 120W. Kendati sudah mengungkap spesifikasi kunci Xiaomi 12T, Xiaomi sendiri belum mengungkap banderol harga smartphone ini di Tanah Air.

Untuk itu, Mi Fans (sebutan penggemar Xiaomi) mesti menunggu hingga 1 Desember mendatang untuk mengetahui spesifikasi dan benderol harga Xiaomi 12T 5G.

Namun, sebagai gambaran, tak ada salahnya menilik harga Xiaomi 12T saat dirilis secara global pada Oktober lalu.

Di pasar Eropa, Xiaomi 12T versi reguler dijual dengan harga mulai dari 599 euro (sekitar Rp 9 juta) untuk varian 8/128 GB. Biasanya harga di Eropa lebih mahal ketimbang harga di Indonesia.

By Riyadi