Seusai laga perdana Kualifikasi Piala Asia U20 2023, pelatih Shin Tae-yong memberi pengarahan saat recovery di Lapangan Thor Surabaya, Kamis (15/9/2022) siang.(Dokumentasi PSSI)

NgalamNews || Pemain Timnas Indonesia mendapatkan ‘Terapi Matahari’ dari Shin Tae-yong saat sesi latihan recovery di Lapangan Thor Surabaya, Kamis (15/9/2022) siang.

Dikutip dari bola.kompas.com Sehari setelah mengalahkan Timor Leste 4-0 di laga perdana Kualifikasi Piala Asia U20 2023 yang melelahkan pada Rabu (14/9/2022) malam, tim langsung recovery di tengah teriknya matahari Kota Surabaya.

Latihan dimulai pukul 11.00 WIB sampai 12.00 WIB dengan intensitas ringan ke sedang. Namun teriknya matahari yang sedang panas-panasnya membuat para pemain kewalahan.

Program latihan ini mengundang tanya. Pada umumnya recovery digelar pada pagi hari atau sore hari untuk menghindari sinar matahari. Apalagi pemain baru saja melakukan pertandingan malam yang sangat melelahkan.

Namun Shin Tae-yong punya alasan tersendiri. Ia mengungkapkan berlatih di panas terik justru menjadi salah satu trik untuk memulihkan kondisi para pemain.

“Selama ini memang seperti ini, latihan pemulihan memang dimulai jam 10.00 sampai jam 12.00,” ujar mantan pelatih Timnas Korea Selatan.

“Alasan kenapa pemulihan di pagi hari karena ada matahari juga yang membantu para pemain berkeringat.”

“Memang kondisi pemain memang sangat lelah, kelelahan itu bisa dihilangkan dengan kita berkeringat sedikit,” imbuhnya. Shin Tae-yong melanjutkan panas matahari juga meningkatkan efektifitas program latihan yang ringan.

Beberapa pemain yang turun di laga melawan Timor Leste mendapatkan program yang lebih ringan, sementara yang tidak main mendapatkan program yang lebih berat.

“Jadi matahari itu akan membantu ketika kita latihan ringan di pemulihan. Jadi memang sengaja memilih jam segini,” pungkasnya. Shin Tae-yong memang harus memutar otak demi memetik hasil maksimal di Grup F Kualifikasi Piala Asia U20 2023 kali ini.

Pertandingan hanya berjarak dua hari saja. Karena itu, jeda waktu dua hari yang dimiliki harus dimaksimalkan untuk memulihkan pemain dan menyusun kembali taktik yang digunakan. Timnas Indonesia sendiri akan menjalani laga kedua melawan Hong Kong di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada Jumat (16/9) pukul 20.00 WIB. Sementara di hari yang sama Vietnam akan ditantang Timor Leste pukul 16.00 WIB.

By Riyadi