Desember 2, 2021

Serbuan Vaksin Dor to Dor, 250 Warga Lansia Kecamatan Blimbing Dapatkan Vaksin

NgalamNews – Serbuan vaksin untuk lansia menyerbu warga di Kecamatan Blimbing secara door to door, Sabtu (13/11). Vaksin tersebut digelontokan oleh Polresta Malang Kota bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang sebagau upaya percepatan program vaksinasi.

Dari total sebanyak 11 kelurahan serbuan vaksin tersebut manargetkan adanya 250 warga lansia. Mereka tidak perlu kemanapun untuk mendapatkan suntikan vaksin karena tenaga kesehatan yang akan datang ke rumah lansia masing-masing.

AKP Yanuar Rizal Ardianto mengatakan, serbuan vaksin Polresta Malang Kota bersama Dinkes Kota Malang yang batu pertama kalinya ini memang ditujukan kepada lansia.

“Kami targetkan lansia karena pemerintah Kota Malang juga menyarankan untuk meningkatkan capaian vaksinasi terhadap lansia sebagai salah datu upaya menurunkan level PPKM ke Level 1,” ungkap AKP Yanuar.

Ia melanjutkan, capain vaksin di Kecamatan Blimbing sejauh ini sudah mencapai 63 persen atau kurang sekitar 114 ribu warga yang perlu di vaksin. Dari angka tersebut warga lansia yang hingga sekarang masih minim vaksinasi.

Serbuan vaksin ditujukan untuk ikut serta meningkatkan angka vaksinasi di kalangan lansia. Untuk kesuksesan serbuan vaksin door to door Polresta Malang Kota dan Dinkes Kota Malang sedikitnya melibatkan 20 orang tenaga kesehatan.

“Sistemnya tim vaksinator yang terdiri dari rekan-rekan Babinsa, Bhabinkamtibmas dan tim tenaga kesehatan dari masing-masing Puskesmas juga turut terlibat,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kota Malang, Husnul Maarif, menambahkan untuk mencapai PPKM Level 1 minimal capaian vaksinasi harus berada di angka 60 persen dari target sasaran diangka 83 persen.

“Sampai tadi malam kita sudah mencapai sekitar 56,9 pesen, hampir 57 persen kurang 3 persen lagi. Segungga kami semua mengadakan beberapa strategi dalam percepatannya,” tutup Husnul.

Untuk itu pihaknya menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang turut menyukseskan program percepatan vaksinasi. Khususnya Polresta Malang Kota, Polsek Blimbing, Danramil, Camat dan empat Puskesmas di 11 Kurahan Kecamatan Blimbing yang menggelar serbuan vaksin untuk 250-300 lansia di kelurahan ini.