NgalamNews || iOS 16 secara resmi diperkenalkan secara global oleh Apple pada 12 September 2022. Sistem operasi ini membawa sejumlah perubahan dan fitur baru yang memudahkan pengguna melakukan berbagai aktivitas. Digadang-gadang menjadi yang terbaik dari Apple, iOS 16 turut memberikan fitur Dynamic Island yang disematkan dalam iPhone 14 series.

Dikutip dari teknologi.bisnis.com iOS 16 juga disebut membuat baterai iPhone lebih awet karena fitur-fiturnya yang terbarukan.

Sayangnya, terdapat beberapa fitur baru dalam iOS 16 yang sudah ketinggalan jaman. Pasalnya, deretan fitur ini sudah lebih dulu dipakai pada ponsel dengan sistem operasi Android. iOS 16 baru bisa digunakan pada seri iPhone 8 atau lebih baru.

Adapun, Iphone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus dan iPhone SE generasi mentok dengan iOS 15 saja.

iOS 16 memberikan fitur baru mirip ‘Add Stop’ dalam Android, yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan beberapa lokasi tujuan saat memakai maps.

Fitur Live Captions disematkan Apple pada iOS 16 ini untuk mentranskip teks pada video, audio, hingga percakapan. Live Captions sebelumnya telah disematkan oleh Android pada 2019 lalu yang memungkinkan pengguna untuk melakukan translate atau menambahkan keterangan khusus saat melakukan aktivitas.

Haptic Keyboard Meski tampak sepele, rupanya pembaruan ini bisa membuat pengguna lebih nyaman saat menggunakan ponsel. Apple menambahkan fitur Haptic Feedback yang membuat keyboard bergetar (vibrating) saat sedang digunakan.

Fitur ini sudah lama tertanam dalam Android tanpa harus diaktifkan secara manual. Sematkan widget pada lockscreen Fitur sematkan widget pada lockscreen juga dikenalkan pada iOS 16 ini.

Dalam fitur ini, pengguna bisa mengatur berbagai widget yang bisa disematkan dalam lockscreen. Penyematan widget ini salah satunya diposisikan di atas ikon jam. Sedangkan empat widget lain ditampilkan di bawah ikon jam.

Adapun widget yang bisa ditambahkan pengguna termasuk aplikasi cuaca, kalendar, jam, serta sejumlah aplikasi pihak ketiga macam Facebook, Gmail, Maps, Chrome, hingga aplikasi pelacak penerbangan Flighty.

Terjemahan dalam kamera iOS 16 juga menyematkan fitur penerjemahan melalui bidikan kamera suatu gambar. Fitur kamera penerjemah ini sebelumnya sudah muncul dalam aplikasi Google Translate dan kamera bawaan Android. 

iCloud Shared Photo Library Pengguna iOS 16 dapat menggunakan fitur iCloud Shared Photo Library yang memungkinkan pembuatan perpustakaan foto hasil kolaborasi hingga 5 pengguna.

Folder foto hasil kolaborasi tersebut dapat dikategorikan berdasarkan siapa saja yang ada di dalam foto, atau kapan foto tersebut diambil. Sudah lebih dulu ditanamkan di Android, fitur ini ada pada Google Photos.

Pengaturan jadwal e-mail Pembaruan iOS 16 kini bisa membuat pengguna membatalkan e-mail yang sudah terlanjur dikirim dengan fitur undo. Fitur undo tersebut memungkinkan pengguna untuk membatalkan dan menarik email yang sudah terkirim dalam kurun waktu 10 detik.

Selain Undo, ada juga fitur penjadwalan pengiriman email dan ‘remind me later’ untuk membaca email yang telah masuk namun belum dibaca.

Deretan fitur ini pun sudah lebih dulu disematkan dalam Gmail. Fitur Undo dalam Gmail pun miliki opsi yang lebih banyak yakni dapat menangguhan email dalam waktu 5 detik, 10 detik, 20 detik, atau 30 detik. Editor : Restu Wahyuning Asih

By Riyadi