Satlantas Polresta Malang Kota, Luncurkan Program Satpas Ramah Disabilitas

Ngalamnews – Satpas Polresta Malang Kota terus meningkatkan layanannya. Termasuk memberikan kemudahan bagi penyandang disabilitas lewat program ‘Sama Rasa’ yang diluncurkan Jumat (29/1) siang. Mereka bakal mendapatkan kemudahan dalam pengurusan SIM.

Kasatlantas Polresta Malang Kota, Kompol Ramadhan Nasution mengatakan, program itu merupakan bagian dari commander wish Kapolri baru Komjen Pol Listyo Sigit. ”Program ini kami beri nama ’Sama Rasa’ atau Satpas Malang Kota Ramah Disabilitas. Jadi ini merupakan pelayanan khusus,” terang dia.

Kekhususan yang diberikan adalah dengan memberi kemudahan proses pembuatan SIM dari tahap awal sampai test. ”Kami menyesuaikan dengan kebutuhan mereka yang bisa jadi ada di tangan atau kaki, jadi dalam program ini kami mudahkan dari pendaftaran, uji teori sampai praktek,” imbuh Rama, sapaan karibnya.

Khusus untuk praktek, disiapkan juga beberapa kendaraan yang telah dimodifikasi, dan tempat prakteknya di perlebar patoknya menyesuaikan dengan ranmor yang ada.

Pelayanan ini dapat dimanfaatkan setiap saat, baik sendiri maupun secara bersama. “Bisa setiap hari, tapi bisa juga kolektif ditentukan oleh komunitas masing-masing, bareng-bareng jadinya,” ucap pria yang pernah menjabat sebagai Kapolsek Menganti, Polres Gresik tersebut.

Ia mengungkapkan, layanan ini dibuat karena beberapa penyandang disabilitas kerap merasa berkecil hati bila mengurus SIM sendiri. “Karena ada yang merasa berkecil hati atau iri dengan pengguna layanan lain, maka dari itu kami juga melayani yang kolektif, supaya bisa berbarengan dengan sesama disabilitas,” ungkap dia.

Dalam peluncuran itu, ada 11 perwakilan Komunitas Disable Motorcycle Indonesia (DMI) Malang yang mendapatkan langsung SIM D. Salah satunya ialah Kurniawan Sanjaya, Ketua DMI Malang. “Kami merasa terbantu dengan pelayanan ini dan kami berterimakasih kepada Polresta Malang Kota yang memberikan SIM D ini secara gratis,” ucap dia.

Sekadar info bahwa pelayanan SIM D ini dikenakan tarif Rp 50 ribu untuk pembuatan baru dan Rp 30 ribu untuk perpanjangan. (biy/nay) radarmalang.jawapos.com

Mungkin Anda juga menyukai