NgalamNews || Program Studi Kebidanan Fakultas Kedokteran menggelar pengabdian masyarakat. Berkolaborasi dengan Komunitas Rumah Langit di Jalan Bauksit, Pandeng 1 Kelurahan Purwantoro, pengabdian masyarakat kali ini mengusung tema “Remaja Sehat Paham Kesehatan Reproduksi” dengan sasaran remaja putri kelas 7, 8, 9 SMP/sederajat bertempat di SMP Maarif 03 di Jl. Bauksit, Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

Seperti yang kita ketahui, usia remaja SMP yaitu 12-15 tahun telah memasuki usia remaja tengah, dimana terjadi pertumbuhan dan perkembangan yang pesat sehingga perlu dipupuk pengetahuan agar mampu memahami diri sendiri. Perubahan yang terjadi meliputi fisik dan psikis, atas hal tersebut perlu adanya pemahaman keadaan baru.

Pada kesempatan tersebut, ada dua materi yang disampaikan. Materi pertama yaitu tentang Kesehatan Reproduksi yang disampaikan oleh Triyana Sinta Dewi. Dalam kesempatannya, Triyana memberikan edukasi mengenai lingkup kesehatan reproduksi, cara menjaga kesehatan reproduksi, dan fokus membahas mengenai menstruasi dan pentingnya minum tablet tambah darah bagi remaja putri.

Materi kedua mengenai permasalahan yang terjadi pada saat pubertas, disampaikan oleh Andri Cahyani Ariinil Himmah. Membahas topik mengenai perubahan fisik yang tejadi pada saat pubertas dan disambung dengan tanya jawab terkait mitos dan fakta seputar pubertas dan kesehatan reproduksi.

Kegiatan tersebut berlangsung dengan baik, dan diberi tanggapan positif oleh Kepala Sekolah SMP Maarif 03. Beliau Mengapresiasi adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini. Peserta kegiatan, siswi di SMP Maarif 03 Kota Malang, sangat antusias menyimak materi yang diberikan. Peserta nampak aktif pada saat sesi tanya jawab dan berbagi pengalamannya mengenai kesehatan reproduksi. Kegiatan diakhiri dengan menekankan kembali pentingnya menjaga kesehatan repoduksi dan memahami perubahan yang terjadi pada tubuh. Yuk jadi remaja sehat untuk menyongsong Indonesia kuat! (Triaya & DRM)

By Riyadi