November 30, 2021

Polresta Malang Kota, Forkopimda Ikuti Upacara Virtual Hari Bhayangkara Ke-75

NgalamNews – Hari ini, Kamis (1/7/2021), Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) merayakan Hari Bhayangkara Ke 75, Pelaksanaan upacara Hari Bhayangkara Ke 75, dilakukan secara virtual dari Istana Negara. Dan langsung dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kegiatan upacara tersebut diikuti oleh seluruh jajaran Polri, dengan pelaksanaan upacara virtual sedangkan untuk Polresta Malang Kota, bertempat di Aula Sanika Satyawada.

Selain Pejabat Utama Polresta, turut hadir pula Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Malang juga ikut hadir dalam kegiatan tersebut.

Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto menjelaskan sedikit tentang sejarah Hari Bhayangkara tersebut.

Pada awalnya, kepolisian berada dalam lingkungan Kementerian Dalam Negeri dengan nama Djawatan Kepolisian Negara yang hanya bertanggung jawab masalah administrasi, sedangkan masalah operasional bertanggung jawab kepada Jaksa Agung.

Lalu pada tanggal 1 Juli 1946, Djawatan Kepolisian Negara bertanggung jawab langsung kepada Perdana Menteri setelah turun Penetapan Pemerintah tahun 1946 No. 11/S.D.

“Tanggal 1 Juli inilah yang setiap tahun diperingati sebagai Hari Bhayangkara hingga saat ini. Dan kami mengapresiasi Danrem 083/Baladhika Jaya, Wali Kota Malang, Dandim 0833 Kota Malang, Ketua DPRD Kota Malang, Kepala Kejari Kota Malang, dan Ketua Pengadilan Negeri Malang yang telah hadir dalam kegiatan upacara virtual Hari Bhayangkara Ke 75,” ujar Buher.

Dirinya menjelaskan, bahwa pihak kepolisian tidak bisa bekerja sendiri dalam menjaga keamanan dan kondusifitas Kota Malang serta percepatan penyelesaian Covid 19 di Kota Malang.

“Tentu, kami tidak bisa lepas support dari TNI dan Pemerintah Kota Malang. Sesuai dengan tema Hari Bhayangkara Ke 75, kami punya PR untuk menuntaskan percepatan penyelesaian Covid 19 untuk masyarakat sehat dan pemulihan ekonomi nasional untuk Indonesia maju. Untuk menuntaskan PR tersebut, kami tidak bisa kerja sendiri. Kami bersama-sama dibantu oleh TNI dan Pemerintah Kota Malang,” jelasnya.

Sementara itu Wali Kota Malang, Sutiaji mengucapkan terima kasih dan apresiasinya kepada Polresta Malang Kota. Karena telah menjaga keamanan, ketertiban, dan kondusifitas serta penanganan Covid 19 di wilayah Kota Malang.

“Saya berharap di Hari Bhayangkara Ke 75 ini, Polri khususnya Polresta Malang Kota semakin maju dan semakin profesional dalam melaksanakan tugasnya. Selain itu dalam penanganan Covid 19, kami tidak bisa kerja sendiri. Dibutuhkan kerjasama dengan TNI-Polri untuk mempercepat penyelesaian Covid 19 di wilayah Kota Malang yang tercinta ini,” tandasnya. (kukuh)