Planet Mars akan mengalami okultasi oleh Bulan

Planet Mars akan mengalami okultasi oleh Bulan

NgalamNews – Petang hingga malam nanti, Planet Mars akan mengalami okultasi oleh Bulan, Okultasi Mars oleh Bulan adalah fenomena astronomis ketika Mars melintas di belakang Bulan, sehingga tampak tertutupi oleh Bulan selama beberapa jam.

Menurut Astronom Amatir Indonesia Marufin Sudibyo, peristiwa ini penampakannya hampir seperti gerhana, di mana Mars, Bulan dan Bumi itu menempati satu garis lurus yang sama dalam tiga dimensi. “Hanya bedanya (dengan gerhana) karena ukuran Mars cukup kecil, jadi kita tidak bisa menyebutnya gerhana, karena ukuran Mars sangat kecil dilihat dari Bumi maka kita menyebutnya sebagai okultasi.

Berdasarkan penjelasan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Okultasi Mars oleh Bulan ini bisa terjadi karena jarak Mars ke Bumi lebih jauh dibandingkan dengan jarak Bulan ke Bumi. 

Yang dapat menyaksikan Okultasi Mars diantaranya India bagian timur, Srilanka, Nepal, Bangladesh, Myanmar, Vietnam, Kamboja, Thailand, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam dan Indonesia.

Indonesia, Okultasi Mars hanya dapat disaksikan di Sumatera, Kalimantan, Banten, DKI Jakarta, Jawa barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Okultasi Mars ini bukan kali pertama terjadi, sudah pernah terjadi di Indonesia pada 6 Desember 2015 dan 3 Januari 2017.

Penampakan okultasi Mars oleh Bulan ini tidak dapat dilihat secara jelas hanya dengan mata telanjang jika kondisi cuaca dan keadaan langit tidak mendukung. seperti adanya, polusi cahaya, mendung dan hujan, dan kondisi Planet Mars yang cenderung kecil hingga sulit terlihat dengan jelas oleh mata telanjang. (dikutip dari Kompas.com)