Desember 2, 2021

Pengabdian Masyarakat melalui Edukasi Virtual mengenai Olahraga Aman di Era New Normal dan Penanganan Cedera Bola Basket

NgalamNews – Webinar “Olahraga Aman di Era New Normal dan Penanganan Cedera Bola Basket” diselenggarakan pada Sabtu, 21 Agustus 2021 sebagai acara tahunan pengabdian masyarakat yang didukung oleh Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya.

Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui Zoom Meeting karena masih dalam kondisi pandemi. Webinar ini dibuka dengan sambutan oleh Dr. dr. Wisnu Barlianto, M.Si., M.Med., Sp.A(K) selaku Dekan FKUB yang menyampaikan dukungannya untuk pengadaan kegiatan pengabdiannya masyarakat.

Selain itu, Ibu Hessy Tamim selaku Ketua Umum Perbasi Kota Malang dalam sambutannya juga menyampaikan rasa terima kasih atas perhatian yang ditunjukkan FKUB dalam mengedukasi para pelatih dan atlet untuk berolahraga secara aman walaupun dalam kondisi pandemi. Dalam webinar yang dimulai pada pukul 9 ini, terdapat 69 peserta yang sudah melakukan registrasi sebelumnya.

Terdapat 3 materi yang disampaikan oleh para narasumber. Materi pertama dengan judul “Aman Berolahraga Selama Pandemi” disampaikan oleh dr. Ayunda Dewi Jayanti yang didampingi oleh dr. Yulia Dwi Setia, M.Biomed sebagai moderator. Dalam materi ini, dijelaskan kiat-kiat berolahraga aman di masa pandemi, terutama olahraga yang harus melibatkan banyak orang, salah satunya bola basket.

“Bola basket adalah olahraga yang melibatkan banyak orang, dan tidak memungkinkan dilakukan social distancing di dalamnya. Sehingga memastikan semua pemain dalam kondisi fit, serta membawa alat dan air minum sendiri sangat penting dilakukan.

Selain itu, latihan outdoor dan juga vaksinasi pada pemain sangatlah dianjurkan untuk mengurangi resiko terjadinya penyebaran COVID-19.”, ujar dr. Ayunda dalam penyampaian materi pertama. Setelah penyampaian materi, terdapat sesi tanya jawab, dimana disini sangat nampak antusiasme peserta menanyakan apa yang belum dipahami.

Materi kedua dengan topik “Fisiologi Otot” yang disampaikan oleh  dr. Djoko Witjaksono, Sp. KFR yang di dampingi oleh dr. Eko Nugroho, Sp. KFR selaku moderator. Materi kali ini terasa lebih berat karena membahas tentang fisiologi otot secara umum, yang mana materi ini merupakan bagian dari ilmu kedokteran. Akan tetapi, hal ini tidak menyurutkan semangat peserta dalam memahami apa yang disampaikan dr. Djoko, terlihat dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan saat sesi tanya jawab.

Materi yang terakhir disampaikan oleh tokoh eksternal FKUB yang diundang untuk memberi informasi tambahan mengenai topik “Penanganan Pertama Cedera pada Pemain Bola Basket”, yaitu Bapak Dimas Sondang Irawan, M.Fis., Ph.D. Cand. Selaku fisioterapis olahraga yang didampingi oleh Ibu Laely Hidayati, S.Pd., M.Pd.

Ketiga materi tersebut disampaikan dengan menarik, terlihat dari jumlah penanya pada agenda tanya jawab sesi pertama, kedua, dan ketiga yang melebihi kuota pertanyaan yang disediakan. Pada akhir agenda, diberikan penghargaan untuk 3 peserta paling aktif. Post-test juga diberikan sebelum penutupan untuk mengetahui seberapa besar materi berhasil diserap oleh peserta. Webinar ini dapat berakhir dengan lancar dan ditutup pada pukul 12.45 WIB.