NgalamNews || Pelatih Timnas U-17 Malaysia, Osmera bin Omaro, mengatakan bahwa skuad Timnas U-17 Indonesia adalah tim bagus yang tidak bernasib baik di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Dikutip dari bola.tempo.co Timnas U-17 Indonesia gagal lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023 setelah kalah 1-5 melawan Malaysia di laga terakhir Grup B babak kualifikasi pada Minggu, 9 Oktober 2022. Bermain di Stadion Pakansari, Bogor, skuad Garuda Asia hanya bisa mencetak satu gol di babak kedua setelah kebobolan lima gol di babak pertama.

Kelima gol Malaysia dibuat oleh Muhammad Zainurhakimi Zain, Muhammad Arami Wafiy (dua gol), Muhammad Anjasmirza dan Muhammad Afiq Danish. Sedangkan satu-satunya gol Indonesia diciptakan oleh Arkhan Kaka.

Kekalahan Timnas Indonesia U-17 itu cukup mengejutkan. Sebab, mereka sebelumnya menduduki peringkat teratas Grup B dengan keunggulan dua poin dari Malaysia dan hanya membutuhkan hasil imbang untuk memastikan lolos sebagai juara grup.

Namun, dengan kekalahan telak itu, kesempatan untuk lolos sebagai salah satu dari enam runner up terbaik pun tak bisa diraih. Tim asuhan Bima Sakti harus memupus asa berlaga di kejuaraan tersebut tahun depan.

“Indonesia tim bagus. Mungkin hanya nasibnya kurang baik. Namun, para pemain saya memang bermain apik dan mengikuti arahan,” ujar Osmera usai pertandingan kontra Indonesia di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor.

Dia melanjutkan, Malaysia membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk menemukan cara tepat menundukkan Indonesia. Mereka sudah memantau permainan skuad berjuluk Garuda Asia sejak Piala AFF U-16 2022, di mana Indonesia menjadi juara di ajang tersebut.

“Kami mencari celah agar bisa masuk ke pertahanan Indonesia dan kami menemukannya. Mungkin saja Timnas Indonesia masuk ke dalam pola permainan kami,” tutur Osmera.

Penyerang Timnas U-17 Malaysia, Muhammad Anjasmirza, juga mengakui ketangguhan Indonesia. Karena itu, dia merasa senang bisa mengalahkan skuad Garuda Asia yang bermain di kandang sendiri.

“Sulit untuk memetik kemenangan atas Indonesia. Saya respek kepada mereka. Kami mengusahakan yang terbaik pada laga itu,” kata dia.

Dengan hasil ini, Timnas U-17 Malaysia lolos ke Piala Asia U-17 2023 sebagai juara Grup B. Mereka akan bersaing dengan 15 kontestan lainnya di kejuaraan yang bakal berlangsung di Bahrain pada 3-20 Mei tahun depan. Editor Rina Widiastuti

By Riyadi