Desember 2, 2021

Patroli Polisi Datangi Acara Malang Fashion Week 2021, Berikan Himbauan Prokes

NgalamNews – Polisi berikan himbauan prokes di Acara Malang Fashion Week (MFW) 2021 yang digelar di Transmart MX Mall pada Jumat (22/10/2021) malam mendadak viral.

Pasalnya, kegiatan yang juga dihadiri oleh desainer nasional, Ivan Gunawan dan Wali Kota Malang, Sutiaji ini mendadak didatangi oleh belasan petugas Polresta Malang Kota sekitar pukul 21.00 WIB.

Hal itu pun menimbulkan persepsi di masyarakat, bahwa kegiatan tersebut dilakukan pembubaran karena melanggar protokol kesehatan (prokes).

Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto mengatakan, pihaknya tidak melakukan pembubaran kegiatan MFW 2021.

“Jadi, setiap malam terutama di malam akhir pekan, kami melakukan patroli Power On Hand (POH). Dan di patroli tersebut, kami juga memberikan himbauan protokol kesehatan (prokes). Untuk sasaran patroli, seluruh wilayah Kota Malang khususnya area publik,” ujarnya, Sabtu (23/10/2021).

Pria yang akrab disapa BuHer ini menjelaskan, lokasi acara Malang Fashion Week 2021 berdampingan dengan Transmart MX Mall, sehingga terlihat kerumunan masyarakat.

“Anggota kami yang melakukan patroli, langsung mendatangi lokasi kegiatan dan memberikan imbauan prokes secara humanis,” tambahnya

Sementara itu, Kabag Ops Polresta Malang Kota, Kompol Supiyan mengungkapkan, penyelenggaraan MFW 2021 telah sesuai dengan Inmendagri No 53 Tahun 2021 dan SE Wali Kota Malang No 62 Tahun 2021.

“Sesuai fakta yang ada, penyelenggara telah menyiapkan segala sesuatunya sesuai dengan Inmendagri No 53 Tahun 2021 dan SE Wali Kota Malang No 62 Tahun 2021. Panitia acara juga telah dipanggil Sat Intelkam Polresta Malang Kota untuk dimintai keterangan. Dan dari keterangan panitia acara, kegiatan tersebut sudah mendapatkan rekomendasi dari Satgas Covid Kota Malang,” bebernya.

Dirinya juga mengungkapkan, kegiatan tersebut molor dari jadwal semestinya. Sehingga, panitia acara sempat meminta toleransi waktu selama 30 menit.

“Kegiatan itu seharusnya berakhir pukul 21.00 WIB. Karena molor acara pembukaan, mereka meminta toleransi waktu sampai dengan pukul 21.30 WIB,” jelasnya.

Supiyan juga menambahkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Satpol PP Kota Malang dan pihak panitia penyelenggara, untuk menjamin pelaksanaan prokes selama kegiatan berlangsung.

Karena perlu diketahui, Malang Fashion Week 2021 dilaksanakan selama tiga hari pada 22-24 Oktober 2021.

“Karena kegiatan masih berlangsung, panitia telah menyanggupi agar kejadian kemarin malam tidak terulang kembali. Dan untuk memastikan pelaksanaan prokes selama kegiatan berlangsung, Satpol PP Kota Malang akan mengamankan kegiatan dibantu dengan personel Polresta Malang Kota.