NgalamNews – Pelaku pencurian menyasar pasar ikan hias Splendid Kota Malang. Dalam aksinya tersebut, pelaku berhasil mencuri puluhan ikan cupang.

Dari informasi yang didapat, kejadian itu terjadi pada Selasa (17/8/2021) dan menimpa kios ikan hias Sania Aquatic.

Pemilik kios ikan hias Sania Aquatic, Muhammad Lutfi (35) menjelaskan secara detail kejadian tersebut.

“Saat itu, saya membuka toko pada pukul 08.30 WIB. Saat itu saya melihat, banyak akuarium sudah dalam kondisi kosong. Padahal sebelumnya, akuarium itu berisi ikan cupang yang saya jual,” ujarnya.

Tidak tanggung-tanggung, korban kehilangan 50 ekor ikan cupang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 5 ekor merupakan ikan cupang jenis Giant yang satu ekornya seharga Rp 250 ribu.

“Dan atas kejadian pencurian ini, saya mengalami kerugian hingga Rp 5 juta,” tambahnya.

Berdasarkan rekaman kamera CCTV yang ada di kiosnya, terlihat pelaku beraksi pada Selasa (17/8/2021) dinihari sekitar pukul 03.30 WIB.

“Pelaku berjumlah tiga orang dan diduga berusia sekitar 15-20 tahun. Dari rekaman CCTV, pelaku membuka terpal akuarium kemudian mengambil ikannya dan dimasukkan ke kantong plastik,” jelasnya.

Perlu diketahui, para pedagang ikan di Pasar Ikan Hias Splendid meletakkan akuarium berisi ikan hias dagangannya di luar kios. Mereka hanya menutup akuarium itu dengan terpal, karena tidak mungkin untuk memindahkan akuarium ke dalam kios.

Lutfi mengaku, bahwa kejadian pencurian ini bukan kali pertama terjadi. Dua minggu lalu, dirinya juga kehilangan 20 ekor ikan cupang senilai Rp 3 juta.

“Kami akan melaporkan kejadian itu ke Polresta Malang Kota, sambil membawa rekaman CCTV. Sebelumnya mau melapor, tapi tidak ada bukti rekaman. Sekarang sudah ada CCTV, dan berhasil merekam pelaku saat beraksi,” ungkapnya.

Sementara itu, adik pemilik kios Sania Aquatic Suherman menambahkan, pelaku diduga sudah hafal rute dan area pasar. Hal itu terlihat dari kelihaian pelaku mengambil ikan-ikan miliknya itu, dan lolos dari pengamanan penjaga pasar.

“Pelaku ini sering beraksi, bahkan sekitar tiga bulan lalu ada kios di dekat saya yang dibobol. Pelaku mengambil ikan Lou Han dan ikan Arwana, yang total harganya mencapai Rp 35 juta,” tandasnya

Caption Foto : Adik pemilik kios Sania Aquatic, Suherman saat menunjukkan lokasi ikan cupang dagangannya yang diambil pelaku, Selasa (17/8/2021). TribunJatim.com Reporter : Kukuh Kurniawan

By sugeng