One Stop Destination di Lereng Gunung Lawu, Tawangmangu Karanganyar

NgalamNews – Dengan jarak tempuh sekitar satu jam dari solo, Tawangmangu merupakan kawasan pegunungan dilereng gunung Lawu yang sudah terkenal sejak masa kolonial Belanda.

Persis di atas areal Perkebunan Teh Kemuning yang begitu luas dan adem, terdapat Candi Cetho dengan gapura yang sekilas mirip dengan Pura Lempuyang Luhur yang terdapat di Bali.

Keberadaan candi yang amat indah ini belum sepopuler Air Terjun Grojogan Sewu yang juga terdapat di Karanganyar. Untuk menuju ke sini aksesnya sangat menanjak, sehingga disarankan untuk membawa kendaraan yang kondisinya prima.

Puas berkunjung ke Candi Cetho, Anda bisa langsung beristirahat menikmati minuman hangat di Bale Branti, sebuah tempat makan yang dikelilingi kebun teh. Tersedia area outdoor yang memungkinkan Anda kongkow-kongkow sambil menghirup udara segar pegunungan.

Ke Tawangmangu belum afdol kalau tidak singgah ke Air Terjun Grojogan Sewu. Sebetulnya ada beberapa titik air terjun di kawasan wisata ini. Air terjun yang terbesar memiliki tinggi 81 meter dan merupakan air terjun tertinggi di Jawa Tengah!

Selain menikmati keindahan air terjun, di sekitar Grojogan Sewu juga terdapat kolam renang dari air pegunungan yang sejuk dan segar, flying fox, serta gazebo untuk bersantai.

Nah, yang satu ini khusus untuk penyuka film horor? Namanya Kampung Halloween dan terdapat di Bukit Sekipan. Bisa ditebak, taman rekreasi ini mengangkat tema horor yang menyeramkan, di mana Anda bisa selfie atau nongkrong bersama para “hantu”. Tenang, bukan hantu sungguhan kok, melainkan patung (tapi tetap saja bikin merinding…).

Tak cuma hantu, di sini juga tersedia tempat pemancingan, arena outbond, taman bermain, dan kolam renang untuk anak-anak. Bagaimana, berani nggak?