NgalamNews || Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menemukan sebuah planet berbatu. Planet ini bernama LP 890-9 c dan layak dihuni.

Dikutip dari krjogja.com Planet dengan komposisi 40 persen batu itu memiliki ukuran lebih besar dibandingkan Bumi. NASA mengungkap jika mereka menemukan planet itu ketika sedang mengobservasi planet sebelahnya yang lebih kecil bernama LP 890-9 b.

NASA menyatakan kedua planet ini adalah planet super-earth atau super-bumi (planet ekstrasurya) yang mengitari sebuah bintang. Namun NASA belum mengetahui penuh kondisi permukaan planet itu apakah mirip dengan Bumi atau tidak.

Kedua planet itu mengorbit bintang yang lumayan dingin atau bintang katai merah (red-dwarf star) bernama LP 890-9 dan berjarak 98 tahun cahaya dari bumi. Planet LP 890-9b yang lebih dekat kepada bintangnya ditemukan NASA menggunakan Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS). NASA mengungkap planet itu 30 persen lebih besar dibandingkan Bumi dengan suhu sekitar 123 derajat celcius.

Kemudian planet LP 890-9 c yang jauh dari bintangnya terletak di zona yang layak huni. Planet itu memiliki suhu sekitar 1,1 derajat celcius yang memungkinkan keberadaan air berbentuk cair. Planet itu terdeteksi melalui teleskop Search for habitable Planets Eclipsing Ultra-cOOl Stars (SPECULOOS). (*)

By Riyadi