NgalamNews || United hadirkan 2 model motor listrik yang sudah tersedia di Indonesia, yaitu United T1800 CM dan United T1800 TM.

Dikutip dari ternate.hallo.id TDI merupakan selaku produsen motor listrik dengan merk sepeda United Bike, saat ini mereka memasuki pasar motor listrik nasional melalui divisi United E- Series.

Motor listrik United T1800 telah memiliki bermacam- macam produk motor listrik, T1800 merupakan salah satu motor listrik yang diperkenalkan pertama kali.

T1800 memiliki desain futuristis yang sangat berkesan apalagi dipadukan dengan warna black doff yang memberikan kesan misterius.

Dilihat dari sisi depan, T1800 dibekali lampu ganda yang meruncing, dan LED DRL di tiap sisinya. serta bagian tengah motor ada pemisah dek yang jadi posisi baterai dari T1800.

Menariknya nyala lampu belakang dengan Y- shape, menegaskan desain lampu dari supercar Lamborghini. Lagi di tengah pula ada ornamen lampu dengan taburan titik LED

Secara desain telah lumayan keren, cuma bagian windscreen yang bila dilihat dari samping letaknya sangat menonjol.

Kemudian dimensi pelek 12 inci yang dipakai sedikit kurang sepadan, walaupun secara desain telah keren.

Fitur serta Teknologi, pihak TDI mengklaim jika motor listrik buatannya memiliki fitur serta teknologi yang lebih baik dari kompetitornya.

Seluruh lampunya menggunakan teknologi LED. Spidometer telah full digital dengan tampilan yang ringkas, isinya terdapat spidometer, penanda baterai, penanda speed fashion, odometer serta penanda temperatur motor listrik.

Terdapat ada 3 mode kecepatan, yaitu kecepatan optimal 50 km/jam, 60 km/jam serta 65 km/jam.

Terdapat fashion Turbo yang menaikkan boost power buat melaju hingga 70 km/jam, lalu ada juga fitur untuk memundurkan motor listrik ini.

Start/Stop Engine berguna menhidupkan tanpa perlu memasukan kunci/kontak, hanya dengan menekan tombol yang terletak pada di tengah setang.

Setelah itu terdapat speaker buat koneksi Bluetooth buat mencermati musik dari smartphone, FM Radio serta suara semacam raungan mesin yang hendak terdengar terus menjadi kencang dikala tuas akselerator diputar.

Uniknya, volume suara ala motor mesin bakar ini dapat diatur melalui tombol volume yang posisinya terdapat di dek sebelah kiri dasar setang.

Fitur keamanannya terdapat fitur alarm, repair mode, saklar pemuat arus utama, bagasi dengan port USB dan lampu serta kickstand cut off.

Tak hanya itu, fitur keselamatan lain terdapat tuas rem cut off, yang hendak mengutamakan guna rem kala tuas akselerator diputar.

Sistem pengereman, T1800 pula telah gunakan cakram ganda dengan kinerja rem yang empuk tetapi pakem.

Buat kaki- kaki depan gunakan suspensi teleskopik dengan ban dimensi 100/ 70- 12. Sedangkan belakang menggunakan suspensi ganda dengan ban dimensi 120/ 70- 12.

United T1800 dibekali dengan baterai lithium, 60 volt 28 ampere hour, dengan charger auto cut off yang hendak langsung memutus arus listrik bila baterai telah penuh dikala pengisian ulang.

Posisi baterai terdapat di dek tengah, serta tertutup cover berbahan pelat. Buat membuka cover baterai wajib memasukkan kunci kontak pada lubang kunci di bodi balik sisi kiri.

Pada bagian atas baterai terdapat pegangan buat mengangkut baterai, penanda buat mengenali sisa energi baterai serta soket buat pengisian ataupun pemasangan pada motor.

United T1800 sumber penggeraknya menggunakan Bosch dengan kemampuan 60 volt dan daya 1.800 watt.

Torsi mampu menghasilkan hingga 27 Nm dengan tenaga 1.800 watt atau setara 2,4 dk. Tenganya memang kecil, tetapi dengan torsi yeng besar akan mudah membuat motor listrik ini meleset.

United T1800 diklaim memilki jarak maksimal hingga 60 km dengan kondisi baterai penuh. Untuk proses pengisian daya hingga full hanya memakan waktu hingga 4 jam. United T1800 dibandrol dengan harga sekitar Rp2,7 jutaan.* Moch Fathur Rozy, Editor: Eva Cristine Ronauli

By sugeng