Januari 23, 2022

Mobil INCAR Bidik Pelanggar Lalin

NgalamNews – Waspada! Kini pelanggaran lalu lintas (lalin), akan langsung ditindak Satlantas Polresta Makota bersama Dishub Kota Malang, melalui mobil INCAR (Integrated Node Capture Attitude Record). Armada ini diresmikan di halaman Gedung Kartini Jalan Tangkubanprahu Jumat (31/12) siang dan akan resmi beroperasi pada 1 Januari 2022.

Kendaraan tersebut nantinya akan menyasar seluruh jalanan di Kota Malang secara berkala. Selain itu, armada ini juga lebih dinamis apabila dibandingkan dengan kamera CCTV E-TLE (Electronic Traffic Law Enforcement) yang terpasang di lampu lalu lintas.

“Menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence), beberapa pasal pelanggaran lalin akan langsung tertangkap kamera. Seperti contoh tidak menggunakan helm, lampu mati, tidak menggunakan sabuk pengaman ataupun melawan arus dan melanggar lalin,” jelas Kasatlantas Polresta Makota AKP Yoppi Anggi Khrisna.

Armada ini juga menggunakan empat kamera yang terbagi di dua sisi. Yakni bagian depan dan belakang.

“Kamera ini juga bisa mendeteksi hingga jarak 10 meter dari kamera. Dan tentunya nanti akan kami operasikan secara bergiliran,” ujarnya.

Adanya mobil INCAR ini diharapkan bisa menekan angka pelanggaran lalin di masyarakat. Karena dengan maraknya pelanggaran lalin, bisa menyebabkan kejadian laka lantas hingga berakibat fatal.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk berkendara, dengan mengutamakan keselamatan. Jangan tunggu musibah atau ditilang dulu baru instropeksi. Ini juga mengurangi interaksi antara petugas dengan para pelanggar, yang beberapa kali tidak objektif dan membuat penyelewengan saat bertugas. Juga menekan interaksi tatap muka khususnya saat pandemi seperti saat ini,” terangnya.

Kamera armada ini akan secara otomatis menangkap gambar pelanggar lalin dan nantinya akan memberikan surat tilang ke alamat rumah. Sesuai dengan yang terdaftar pada nomor polisi kendaraan tersebut.

Kemudian pemilik kendaraan akan mengonfirmasi terkait pelanggaran tersebut. Selanjutnya pelanggar bisa membayarkan denda tilang melalui BRIVA atau membayarkan melalui sidang tilang manual. (rex/jon/nmp)