NgalamNews || Media Vietnam menyindir Timnas Indonesia U-20 yang lolos otomatis ke putaran final Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan.

Dikutip dari cnnindonesia.com Indonesia ke Piala Asia U-20 tahun depan berbekal status juara grup F dalam Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 di Surabaya.

Status itu didapat Garuda Muda usai mengalahkan Vietnam secara dramatis, 3-2, di Stadion Gelora Bung Tomo, akhir pekan lalu.

Kelolosan itu menempatkan Indonesia sebagai tim Asia Tenggara pertama yang ke putaran final Piala Asia U-20, sebelum disusul Vietnam sebagai salah satu runner up terbaik. Akan tetapi prestasi itu dianggap media Vietnam sebagai pencapaian langka bagi Indonesia.

“Ini juga merupakan kesempatan langka bagi Indonesia U-20 untuk sejajar dengan pemain besar seperti Jepang dan Korea Selatan, atau Iran,” tulis TheThao247.

Dalam laporan itu juga dituliskan Indonesia yang selalu gagal di kualifikasi meskipun pernah satu kali juara Piala Asia U-20.

“Dulu, Indonesia U-20 pernah menjuarai Piala Asia U-20, namun cerita itu terjadi 61 tahun lalu pada tahun 1961. Sejak itu, Indonesia tidak pernah lagi bisa tampil. Bahkan Indonesia U-20 terus tersingkir dari babak kualifikasi atau penyisihan grup,” tulis TheThao247.

“Sebaliknya, dengan Vietnam U-20, meskipun kita belum dinobatkan sebagai raja Asia, prestasi para pejuang Bintang Emas terus meningkat selama mereka mengikuti turnamen,” tulis TheThao247 lagi.

Statistik menunjukkan secara keseluruhan Indonesia U-20 memiliki pencapaian lebih baik ketimbang Vietnam di pentas Piala Asia U-20.

Hanya saja dalam 10 edisi terakhir Piala Asia U-20 Vietnam lebih baik daripada Indonesia. Penampilan terbaik Vietnam di semifinal 2016, sedangkan Indonesia di perempat final edisi 2018. (sry)

By sugeng