NgalamNews – Bunda, heran kan kenapa daging yang disimpan bau? Ditaruh d ruangan membusuk? Nah bunda mungkin ada yang keliru saat membersihkan dan cara penyimpanann si daging.

Membersihkan Daging

Daging tidak perlu dicuci jika akan disimpan, terutama daging merah seperti sapi, kambing, unta dll. Karena mencuci hanya akan menambah volume air di dalam daging dan membuatnya cepat busuk karena bakteri bakteri di daging berair akan mudah berkembang.

Penyimpanan

Simpan daging d toples tertutup rapat atau botol kaca/jar, baru diampan d suhu ruangan atau di lemari pendingin. Dengan menyimpan menggunakan box atau jar begitu akan membuat dagin lebih awet dan tidak membeku dengan diaelimuti es. Sehingga saat akan digunakan untuk memasak tidak menyulitkan proses memasak. Jika dibungkus plastik saja sekalipun di lemari es akan mudah beku dan mengurangi rasa daging, malah akan membuat bau tidak sedap setelah dimasak.

Pengolahan

Jika bunda suka dendeng mungkin daging bisa dibuat dendeng manis atau asin tergantung selera bunda. Dendeng daging merupakan cara pengawetan daging ala Indonesia menggunakan rempah.

Diasinkan dengan ditaburi garam saja bisa jadi opsi pilihan bunda jika tidak mau repot. Terlebih dahulu diporltong dagingnya ya bunda, lalu bisa langsung dimauskan box. Jika bunda suka diasinkan dan dikeringkan bisa dipotong dahulu lalu baru dijemur.

Direndam air garam juga bisa bunda, jadi di dalam box atau jar penyimpanan menggunakan sedikit air dan ditaburi garam yang diratakan.

Dimasak

Mengawetkan daging bisa juga dimasak terlebih dahulu dengan diberi bumbu garam saja, bumbu kunyit, lengkoas atau jahe dengan dicampur bawang merah dan putih. Pilihan rempahnya tergantung selera bunda dan masakan apa yang rencananya akan dimasak ya Bun. Bisa direbus atau digoreng, steelha ditiriskan baru diampan di box atau jar kaca, baru disimpan d ruangan atau lemari es.(Milla)

By sugeng