NgalamNews || Ubah motor bensin ke motor listrik bisa jadi solusi irit di tengah kenaikan harga BBM. Harga BBM naik juga membuat beberapa pemilik motor mencari alternatif supaya lebih hemat. Maklum saja, akhir-akhir ini harga BBM naik memang jauh lebih tinggi dari sebelum-sebelumnya.

Untuk menekan pengeluaran beli BBM atau bensin, pakai motor listrik bisa jadi pilihan. Selain beli motor listrik dari pabrikan, ada lho bengkel yang bisa konversi (ubah) motor listrik jadi motor bensin.

Seperti bengkel konversi motor listrik, Petrikbike yang ada di daerah Ujung Aspal, Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat tawarkan paket ubah motor bensin jadi listrik.

“Kami menyediakan 4 paket konversi (ubah) motor bensin jadi motor listrik,” ucap Ady Siswanto, Owner Petrikbike (17/9/2022).

“Paket Asma, paket hemat, paket standar dan paket custom,” tambahnya. Paket ubah motor bensin jadi motor listrik yang paling murah menyasar kalangan pelajar.

“Paket yang paling murah kami sebut paket Asma (Asal Maju),” jelas Ady.

“Paket yang dibanderol Rp 10 sampai Rp 11 jutaan ini dikhususkan untuk mahasiswa yang ingin menyelesaikan tugas akhir dengan membuat kendaraan listrik,” tambahnya.

Paket Asma ini enggak bisa digunakan buat pemakaian harian. Sedangkan paket ubah motor bensin jadi motor listrik yang bisa digunakan buat harian dibanderol mulai Rp 15 jutaan.

“Kemudian untuk orang baru pakai motor listrik bisa ambil paket hemat,” saran Ady.

“Paket hemat ini dibanderol Rp 15 sampai Rp 16 jutaan,” tambahnya. Pada paket hemat sudah termasuk motor listrik sebesar 1 kw atau 1.000 watt dengan baterai berkapasitas 1 kw atau 1.000 watt.

“Motor listrik pada paket hemat ini mempunyai daya jelajah 30 Km dengan topspeed (kecepatan maksimal) 60 sampai 70 kpj,” jelas Ady.

Jika kalian kurang puas dengan performa paket hemat, Ady juga menawarkan paket standar. Pada paket standar, biaya ubah motor bensin jadi motor listrik dibanderol mulai dari Rp 18 sampai Rp 20 jutaan.

“Pada paket standar dapat motor listrik 2.000 watt atau 2 Kwh dan baterai dengan kapasitas 1,5 kwh,” jelas Ady.

“Dalam kondisi baterai penuh dapat menempuh jarak 40 sampai 50 km dengan kecepatan maksimal 80 sampai 90 kpj,” tambahnya.

Paket ubah motor bensin jadi motor listrik paling mahal yang ditawarkan Petrikbike adalah paket custom. “Paket custom ini paket yang biayanya tergantung dari spesifikasi yang diminta,” ungkap Ady.

“Rata-rata biayanya paling minimal Rp 25 juta sampai Rp 30 jutaan,” tambahnya. Menurut Ady, paket custom ini cocok buat bikers yang ingin ubah motor bensin jadi motor listrik berperforma tinggi.

“Soalnya pakai motor listrik 3.000 watt atau 3 Kw dengan baterai bisa 2,5 kwh sampai 3 kwh,” jelas Ady. Jarak tempuh dan topspeed pada paket custom bisa disesuaikan dengan permintaan.

“Jarak tempuhnya bisa disesuaikan, mau 60 km, 70 km bahkan 80 km,” kata Ady. “Begitu juga dengan topspeed bisa 100 sampai 120 kpj, namun perlu diingat semakin jauh jarak tempuhnya dan topspeed-nya, maka semakin tinggi biayanya,” Tutupnya saat ditemui di Jalan Ujung Aspal No.8, Jatisampurna, Bekasi, Jawa Barat. Dikutip dari otomotifnet.gridoto.com

By Riyadi