malang plaza kebakaranmalang plaza kebakaran

Pusat perbelanjaan di Kota Malang ini dilahap jago merah Selasa (2/5/2023). Terlihat di akun Twitter @yajril190342 yang berdurasi 13 detik memperlihatkan Malang Plaza kebakaran dengan mengerahkan beberapa Damkar.

Menurut Pemerintah Kota Malang, PMI dan Damkar siap siaga untuk memadamkan api usai diberitahu jika malang plaza terbakar. “Kebakaran MALANG PLAZA kota malang jatim, api sudah jinak, kerugian lumayan beranak pinak, semoga tetap tabah dan selalu bersabar,” tulis unggahan akun tersebut pada Selasa (2/5/2023).

Bermula dari Letupan

Usai bioskop Mandala ditutup, petugas melakukan kontrol untuk mematikan sejumlah lampu di area lantai 1 dan 2. Memasuki dini hari pukul 00.30 WIB, salah satu petugas yang sedang di kamar mandi mendengar letupan dari lantai 3. Tak lama ia melakukan pengecekan dan melihat kobaran api telah membesar.

Kemudian, ada warga yang menjadi saksi mengecek keadaan lantai 3. Mereka bersama-sama mematikan aliran listrik dan membuka semua akses pintu dan menghubungi PMK. Pukul 01.15 WIB dini hari sejumlah 7 PMK kota Malang tiba disusul 5 unit bantuan lainnya untuk memadamkan api.

Berhasil Padam Cukup Lama

Setelah itu, api berhasil dipadamkan pukul 05.00 WIB dan petugas PMK memastikan kembali bahwa api benar-benar padam. Setelah berjam-jam memadamkan api kerugian yang ditimbulkan masih nihil.

Meski begitu, Pemkot Malang juga menghimbau untuk warga tidak mendekati area tersebut. Ini dilakukan agar kelancaran dan penanganan lokasi kebakaran pasca pemadaman.

By Riyadi