NgalamNewsKegagalan bukanlah suatu hal yang menakutkan! Sebuah kegagalan pasti pernah dihadapi oleh semua orang. Yang menjadikan pembeda ialah, bagaimana cara menyikapi kegagalan tersebut. Ada yang merutuki keadaan sambil mencari-cari alasan, dan ada pula yang bangkit dan menjadikan pengalaman tersebut sebagai pijakkan untuk tidak jatuh pada lubang yang sama.

Kehebatan sesungguhnya tidak terletak pada pencapaian yang berhasil diraih, melainkan pada keinginan untuk terus belajar dan terus memperbaiki kualitas diri. Bangkit dari suatu kegagalan bukanlah hal yang mudah. Banyak orang yang sudah gagal tidak bisa bangkit lagi. Padahal kegagalan adalah sebuah jalan menuju kesuksesan.

Jika kamu merasa berada di titik rendah hidup, ingat petuah-petuah di bawah ini agar semangat lagi!

1. Jangan pernah takut untuk melangkah

Lakukan 5 Hal Ini agar Dirimu Selalu Kuat di Titik Terendah Kehidupanpexels.com/Josh Sorenson

Tak apa jika dirimu sedang lelah, beristirahatlah sejenak dari penatnya keadaan yang ada. Di sisi lain, siapkan rencana yang matang untuk target selanjutnya, mencoba untuk beberapa kali tak masalah.

Dari rencana yang tak sempurna, kamu belajar bahwa hal yang kamu inginkan tak selalu terkabulkan, menerima apa yang ada saat ini ialah hal yang terbaik. Jika keraguan mengahambatmu untuk terus melangkah, berarti tekadmu belum kuat untuk pergi melampaui batasmu untuk mencapai titik terang selanjutnya.

2. Jangan menyerah dengan keadaan

Lakukan 5 Hal Ini agar Dirimu Selalu Kuat di Titik Terendah Kehidupanpexels.com/RF._.studio

Keadaan yang memaksa untuk terus bertahan dalam kenyataan yang menyakitkan, bukan berarti dirimu harus selasai di sini. Ada banyak sekali jalan yang harus kamu tempuh selanjutnya, semua tergantung dirimu juga bagaimana cara berpikir dan mewujudkan apa yang ingin kamu raih selama ini. Jika dunia ini keras, kamu harus jauh lebih keras dan tak mudah membandingkan proses dirimu dengan yang lainnya.

3. Konsisten dengan prinsip yang kamu pegang

Lakukan 5 Hal Ini agar Dirimu Selalu Kuat di Titik Terendah Kehidupanpexels.com/Julian Jagtenberg

Berprinsip dan berkarakter ialah dua yang yang memicu dirimu untuk terus berkembang, dengan segala hal yang ada kamu dapat mengasah kemampuan di berbagai bidang. Tak semua memiliki prinsip dan dapat menjalaninya dengan baik, godaan diluar terkadang lebih kuat dari prinsip yang dipegang. Untuk itu, pola pikir dan karaktermu harus tarus kamu kembangkan dengan kreativitas dan karya, semua orang akan tahu nanti bahwa dirimu mampu melakukan segala hal yang tak mampu mereka lakukan.

4. Bertekad untuk selalu bangkit kembali

Lakukan 5 Hal Ini agar Dirimu Selalu Kuat di Titik Terendah Kehidupanpexels.com/Min An

Terpuruk dan gagal ialah hal yang selalu menghampiri, dititik ini kamu lelah dan pasrah akan semuanya. Namun dirimu harus selalu kuat menghadapinya, meski terkadang tak bisa diterima tapi ada hal yang harus kamu mengerti akhirnya. Ada maksud tersirat dari semua hal yang kamu alami, rencana Tuhan yang indah akan membuatmu bersyukur nantinya. Tak ada hal yang tak mungkin kamu lewati jika dirimu bertekad untuk mencapainya.

5. Potensi yang ada dalam dirimu akan membuatmu berkembang

Lakukan 5 Hal Ini agar Dirimu Selalu Kuat di Titik Terendah Kehidupanpexels.com/Ady April

Menerima kesalahan dan belajar untuk memperbaikinya ialah hal yang menjadi kekuatanmu untuk terus maju, semua pernah melakukan kesalahan tetapi tak semua dapat belajar darinya. Karena setiap proses mengajarkanmu sesuatu tentang kehidupan, meski tak semua harus berjalan dengan mulus tetapi dirimu tetap harus lurus dalam berkomitmen terhadap prinsip yang kamu punya.

Karena perjalanan hidup akan selalu kamu tempuh dengan berbagai cobaan yang ada, untuk melewatinya dirimu butuh ambisi dan tekad yang kuat untuk bertahan. Tak peduli seberapa kuat rintangan menghadang, dirimu harus tetap hidup demi hal-hal yang membuatmu bahagia suatu saat nanti. (abi)

By sugeng