Januari 23, 2022

Kota Malang Mulai Adakan Vaksinasi Dosis Ketiga (Booster)

NgalamNews – Kamis (13/1/22), Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melaksanakan pencanangan vaksinasi dosis ketiga Covid-19 (Booster), yang berlangsung di Mini Block Office Balaikota Malang lantai 4.

Nampak kegiatan ini dihadiri Walikota Malang, Drs H Sutiaji, Wakil Walikota Malang, Ir H Sofyan Edi Jarwoko, dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Dr Husnul Muarif.

Walikota Malang Sutiaji mengatakan, pelaksanaan program vaksinasi dosis ketiga ini bisa dilakukan karena Kota Malang masuk sebagai wilayah yang sudah melampaui capaian vaksinasi dosis 1 dan 2.

“Kita (Kota Malang) sudah bisa gelar vaksinasi booster ini karena capaian vaksinasi dosis pertama diangka 107%, dosis kedua sekitar 90 persen,” ujarnya.

Sam Sutiaji sapaan akrabnya menyebut, selain capaian dosis 1 & 2 yang melebihi target, vaksinasi lansia masih diangka 68 persen.

Hal itu mengingat, dominasi para lansia memiliki penyakit bawaan. Sehingga butuh pendampingan khusus dan pengecekan kesehatan secara teliti.

“Itu kendala kami, karena itu kita usahakan bisa capai di angka 70 persen nanti, dengan kolaborasi para tenaga kesehatan (nakes) terjun ke lapangan,” tuturnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Dr Husnul Muarif bilang, kegiatan ini diikuti oleh peserta sebanyak 55 orang yang terbagi dalam 2 tahap.

“Sesi pagi ini dimulai jam 09.00 – 12.00 sebanyak 30 orang. Kalau siang jam 12.00 – 14.00 dihadiri 25 orang,” kata Dr Husnul.

Ia juga menambahkan, bagi masyarakat umum bisa melakukan vaksinasi booster ini yang akan dimulai tanggal 17 Januari mendatang, di masing-masing tempat fasilitas kesehatan (faskes).

“Nanti masyarakat bisa ikut vaksinasi booster sesuai dengan tempat menerima vaksin dosis pertama dan kedua kemarin. Bisa di puskesmas atau faskes lainnya,” pungkas dia. (Ocky)

Reporter: Ocky Novianton