NgalamNews – Setelah resmi di Launching Mobil Vaksinasi Drive Thru pada Jumat 1 Oktober 2021 Pekan lalu bersama Forkopimda Malang Raya di Polres Malang,Polresta Malang Kota bergerak cepat dengan melaksanakan Vaksinasi Drive Thru pada Rabu pagi 6 Oktober 2021.

Untuk pelaksanaan perdana kali ini, Stadion Gajayana di pilih untuk menjadi lokasi Vaksinasi Drive Thru. Berbeda dengan pelaksanakan Vaksinasi konvensional yang wajib mendaftaran terlebih dahulu via Google Form beberapa hari sebelumnya, dalam pelaksanaan vaksinasi drive thru peserta dapat secara langsung datang untuk mendaftar di lokasi pelaksanaan dengan membawa KTP atau Kartu Keluarga, terobosan ini di maksudkan untuk memudahkan, mempercepat, dan menghindari terjadinya kerumunan. pelaksanaan vaksinasi drive thru juga di maksudkan untuk memenuhi target program pemerintah dalam pemerataan Vaksinasi Nasional juga Optimalisasi pembentukan kekebalan komunal di wilayah Kota Malang

Mobil vaksinasi Drive Thru Polresta Malang Kota, di awaki sepuluh tenaga kesehatan (Dokkes Polresta Malang Kota), mulai dari petugas pendaftaran, input data, screening, vaksinator dan observasi yang selalu siap membantu peserta vaksin, target dosis 50 per hari, dengan dosis vaksin Sinovac yang disediakan Polresta Malang Kota.

Kapolresta Malang Kota mengungkapkan, vaksinasi drive thru ini dimaksudkan untuk mengurangi antrian kerumunan masyarakat, dan juga bisa berpindah tempat untuk door to door ke masyarakat Lansia yang kesulitan untuk datang vaksin. Bekerja sama dengan Kapolsek jajaran dan anggota Bhabinkamtibmas yang mendata Lansia di masing-masing lokasi Polsek.

Mobil vaksinasi sistem drive thru Polresta Malang Kota standby di lokasi mulai pukul 09:00 wib sampai dengan pukul 12:00 wib. Untuk jadwal selanjutnya akan dioperasikan ke tempat-tempat strategis yang mudah dijangkau oleh masyarakat atau bisa dilihat di media sosial resmi instagram Polresta Malang Kota Official dan whatsapp SIMPATI Makota.

Vaksinasi sistem drive thru ini diharapkan peserta vaksin datang dalam kondisi yang siap untuk divaksin, dan menyediakan persyaratan mutlak untuk pendataan, seperti KTP atau Kartu Keluarga bagi usia 12 tahun ke atas yang belum memiliki KTP.

Dengan adanya Mobil Vaksinasi Drive Thru ini diharapkan pencapaian vaksinasi masyarakat di Kota Malang bisa terpenuhi utamanya pelajar bisa segera diselesaikan sebab menyongsong kegiatan pembelajaran tatap muka.
Dari beberapa masyarakat yang di jumpai di lokasi, rata – rata sangat antusias dan menyambut baik terobosan yang di lakukan oleh Polresta Malang Kota terkait vaksinasi Drive Thru, “ Saya sangat senang dengan program ini karena bisa ajak anak-anak ikut pakai mobil jadi bisa sekalian jalan-jalan,terimaksih polresta malang kota yang sudah mengadakan kegiatan ini” ungkap salah satu peserta vaksinasi drive thru yang di jumpai di lokasi.

By Riyadi