NgalamNews || Keberagaman bahasa indonesia memang tiada duanya, tak kalah dengan bahasa negara lain yang memiliki bahasa dengan kosakata yang banyak. Semakin lama bahasa indonesia banyak dipelajari negara tetangga dan negara lain di dunia, keunikan bahasa di indonesia pun memiliki kendala yang sepele, kosakata yang cukup rumit dan banyak terkadang membuat bingung dan penat mencari arti dari kata tersebut.

Tak hanya keberagaman suku dan alam yang memesona, bahasa indonesia juga merupakan kebanggaan tersendiri. Keanekaragaman kata yang memiliki arti unik dan mendalam membuat semua bangga menjadi orang Indonesia, berikut sembilan kata dalam bahasa Indonesia yang belum kamu tahu memiliki makna mendalam. Simak yuk!

1. Amerta

Keren, Ini 9 Kata dalam Bahasa Indonesia yang Memiliki Makna Mendalampexels.com/Artem Beliaikin

Amerta dalam kamus besar KBBI termasuk dalam kelas kata sifat yang artinya tidak dapat mati, arti lain dari amerta ialah abadi atau tak dapat terlupakan.

2. Asmaraloka

Keren, Ini 9 Kata dalam Bahasa Indonesia yang Memiliki Makna Mendalampexels.com/Rheza Aulia

KBBI menyebutkan arti kata asmaraloka ialah dunia yang penuh cinta kasih, asmaraloka masuk ke dalam kelas kata sehingga asmaraloka dapat dinyatakan sebagai nama  seseorang, tempat dan segala yang dibendakan.

3. Baswara

Keren, Ini 9 Kata dalam Bahasa Indonesia yang Memiliki Makna Mendalampexels.com/Renda Eko Riyadi

Baswara dalam bahasa sanskerta memiliki arti bercahaya dan berkilau, dengan huruf awalan B dan terdiri dari tujuh huruf kata baswara yang bermakna bercahaya dan berkilau  dapat kamu gunakan selama arti baswara tidak bermakna negatif di lingkunganmu. Arti lain baswara dalam bahasa Jawa dapat diartikan terang gemerlap.

4. Adiwarna

Keren, Ini 9 Kata dalam Bahasa Indonesia yang Memiliki Makna Mendalampexels.com/Ibadah Mimpi

Adiwarna memiliki 2 arti kata dalam kamus besar KBBI yang masuk ke dalam kelas kata sifat, adiwarna yang artinya indah sekali dan arti lainnya adalah bagus sekali.

5. Dersik

Keren, Ini 9 Kata dalam Bahasa Indonesia yang Memiliki Makna Mendalampexels.com/Febry Arya

KBBI menyebutkan bahwa arti kata dersik adalah desir yaitu bunyi angin dan lain sebagainya, artinya unik ya!

6. Nayanika

Keren, Ini 9 Kata dalam Bahasa Indonesia yang Memiliki Makna Mendalampexels.com/Elizaveta Dushechki

Nayanika dalam kamus bahasa sanskerta yang berati mata yang indah dan mamancarkan daya tarik bagi setiap orang yang melihatnya. Wow, perfect!

7. Serendipiti

Keren, Ini 9 Kata dalam Bahasa Indonesia yang Memiliki Makna Mendalampexels.com/Nuh Rizqi

Serendipity tidak termasuk dalam kamus besar KBBI, dapat diartikan ketidaksengajaan yang menyenangkan membuat kata ini tidak terlalu familier. Kata ini tercipta dalam kondisi dan esensi diri bahwa terbentuknya kondisi psikologis manusia yang menguntungkan bagi dirinya sendiri.

8. Candala

Keren, Ini 9 Kata dalam Bahasa Indonesia yang Memiliki Makna Mendalampexels.com/Luis Quintero

Kamus besar KBBI meyatakan bahwa candala memiliki empat arti dan masuk ke dalam kata kerja dan kata sifat, candala yang memiliki arti rendah, hina dan nista jarang diketahui banyak orang karena tak ada yang tahu arti kata ini dalam lingkup bahasa indonesia.

9. Swastamita

Keren, Ini 9 Kata dalam Bahasa Indonesia yang Memiliki Makna Mendalampexels.com/Pixabay

Swastamita yang berarti matahari terbenam dan matahari terbit, memiliki arti yang sama dengan kata Arunika membuat swastamita sering disebut dengan arti sunset atau sunrise dalam bahasa inggris. Namun kata swastamita belum tercantum dalam kamus KBBI dan berasal dari bahasa sanskerta.

Nah sembilan kata unik dan jarang diketahui banyak orang diatas keren ya! Meski ada beberapa kata yang belum masuk ke dalam kamus besar KBBI kata-kata di atas memiliki makna yang mendalam bagi kehidupan dan dapat kamu gunakan sebagai kata yang unik yang jarang orang tahu. (abi)

By Riyadi