NgalamNews – Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Bhudi Hermanto menghibahkan dua anjing pelacak berjenis Belgian Malinois yang memiliki nama Zena dan Zaviera.

Anjing pelacak yang diperkirakan berusia dua tahun ini akan masuk dalam Satuan Polisi Satwa K9 Polres Malang.

Penyerahan dua anjing K9 tersebut diwarnai dengan upacara penyerahan yang dipimpin Kapolres Malang AKBP R Bagoes Wibisono, dari Kasat Samapta Polresta Malang Kota Kompol Syabain, kepada Kasat Samapta Polres Malang AKP Bambang Sidik di Lobby Polres Malang, Rabu (2/2).

Dua ekor anjing pelacak jenis Belgian Malinois dari Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto, S.I.K, M.si diterima langsung Kapolres Malang AKBP Bagoes Wibisono HK, S.I.K melalui Kasat Samapta Polresta Malang Kota Kompol Syabain yang selanjutnya diserahkan ke Kasat Samapta Polres Malang AKP Bambang Sidik.

Dalam keterangannya Kapolres Malang AKBP Bagoes menyampaikan kalau penyerahan hibah dua anjing pelacak kepada Polres Malang ini merupakan cikal bakal terbentuknya unit Polisi Satwa atau yang biasa disebut K9 di Polres Malang.

Pembentukan unit K9 Polres Malang ini, dimaksudkan sebagai peningkatan upaya dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kabupaten Malang. “Selain untuk melacak jejak kriminalitas, nantinya para anjing juga akan dilatih untuk mencari korban bencana alam. Agar dapat membantu kegaiatan SAR termasuk untuk menjadi anjing pelacak handak (bahan peledak),” terangnya. (fik)

By sugeng