NgalamNews– Kapolresta MalangKota Kombes Pol. Budi Hermanto, S.I.K., M.Si. menggelar acara”Diagram” atau Dialog Bersama Mahasiswa pada Rabu (16/2/2022) pukul 10.00 WIB betempat di Ruang Eksekutif Polresta Malang Kota guna membahas situasi kamtibmas (Keamanan Ketertiban Masyarakat) di Kota Malang dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Dalam kegiatan tersebut tak hanya dihadiri oleh Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto, S.I.K., M.Si. beserta jajaran, hadir juga Kepala Bakesbangpol Kota Malang, Ibu Dra. Rinawati, MM., serta dua puluh perwakilan Komunitas Mahasiswa Kota Malang.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolresta Malang Kota menyampaikan bahwa Kota Malang saat ini masuk pada PPKM level 3, beliau mengajak perwakilan Komunitas Mahasiswa untuk turut serta mensosialisasikan kepada masyarakat kota Malang bahwa saat ini Kota Malang masuk kategori level 3 penyebaran Covid-19 serta menghimbau untuk para perwakilan mahasiswa yang hadir untuk dapat melaksanakan vaksinasi booster serta tidak henti-hentinya untuk mengingatkan menjaga protokol kesehatan.

Tidak hanya dalam permasalahan protokol kesehatan saja, Kombes Pol Budi Hermanto juga mengajak Komunitas Mahasiswa untuk saling membantu di lingkup masyarakat ketika menemukan warga yang perlu dibantu atau juga memiliki kesulitan dalam pengurusan produk-produk pelayanan Kepolisian, bisa langsung mengajukan kepada pihak Polresta Malang Kota berdasarkan bidang yang melingkupinya.

“Kita sudah berkoordinasi sama dengan TNI-POLRI serta Rumah Sakit dan juga bekerja sama dengan Pemerintah Kota dalam rangka pemberian vaksinasi kepada mahasiswa. Dan kami juga akan memberi bantuan yang dapat kami berikan untuk mahasiswa yang terpapar Covid-19” ungkap Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto.

Di samping itu, Polresta Malang Kota juga berencana mempekerjakan penyandang disabilitas yang mempunyai kemampuan skill di bidang grafis seperti di SPKT maupun di Humas.

“Kita harus berkolaborasi dan menjalin komunikasi untuk menjalankan program yang baik. Semoga apa yang kita lakukan pada dialog hari ini bisa menambah ilmu dan ladang ibadah kita semua” tutup Kapolresta Malang Kota dalam dialognya.

Dilanjut oleh Ibu Dra. Rinawati, MM., beliau juga menyampaikan beberapa hal perihal peran generasi muda untuk menjaga dan mensosialisasikan masyarakat tentang protokol kesehatan serta menjaga dan menguatkan wawasan kebangsaan.

“Kita tidak menginginkan adanya perpecahan sehingga mulai sekarang kita harus memperkuat rasa kebangsaan dan diharapkan rekan-rekan bisa memberikan kontribusi kepada Pemerintah” papar Ibu Dra. Rinawati, MM. selaku Kepala Bakesbangpol Kota Malang.

Dari beberapa dialog yang telah disampaikan mendapatkan tanggapan yang positif dan juga para perwakilan Komunitas Mahasiswa juga menyampaikan aspirasinya tentang keadaan yang sedang terjadi di wilayah Kota Malang.

Aspirasi-aspirasi yang diberikan oleh Komunitas Mahasiswa diharapkan dapat menjadikan Kota Malang lebih maju lagi dalam segala bidang.

By Riyadi