Umum
Kampung Tangguh Semeru Untuk Masyarakat Jawa Timur

Kampung Tangguh Semeru Untuk Masyarakat Jawa Timur


Ngalam – Penyakit koronavirus 2019 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh SARS-CoV-2. yang terpapar COVID-19 mengalami demam, batuk kering, dan kesulitan bernapas, Indonesia negara yang kita cintai ini masih terpapar dengan Virus ini, Infeksi menyebar dari satu orang ke orang lain melalui percikan (droplet) dari saluran pernapasan yang dihasilkan saat batuk atau bersin.
Kota Malang adalah kota yang juga harus merasakan dampak dari Covid-19, dan kota malang juga dikatakan Zona Merah, saat itu masyarakat pada panik dan semua ikuti anjuran pemerintah, hanya saja ada yang masih bandel masih nongkrong dan kegiatan lainnya tanpa pakai masker, kota malang yang memiliki kurang lebih 866,118 penduduk dengan tingkat kepadatan 79/km2 (200/sq mi) yang saya kutip dari wikipedia, menjadi cepat dalam penyebaran Covid-19.
Yang sangat getol atau apalah istilahnya mengenai penyebaran Covid-19 di kota malang adalah polisi yang selalu menggandeng TNI serta pemerintah kota melakukan himbauan dan patroli siang malam mengingatkan masyarakat yang sedang di luar rumah untuk selalu berpedoman dengan protokol kesehatan.
Berbagai upaya kepolisian kota malang hingga membentuk kampung tangguh atau wilayah yang sudah siap ber-isolasi diri dengan upaya pangan atau makanan yang patungan di taruh di suatu tempat menjadi lumbung pangan, begitu pula kesehatan yang juga tangguh selalu melakukan protokol kesehatan, disetiap jarak dari dua rumah warga ada tempat cuci tangan, rutin melakukan seprot disinfektan di tempat-tempat yang sering berkumpul, tangguh juga di keamanan dengan warga yang selalu kontinyu melakukan piket jaga kampung baik siang maupun malam.

Kota malang sudah ada kampung yang dikunjungi oleh polisi dan diresmikan oleh Kapolresta, Dandim, Walikota, kampung ini menjadi contoh kampung yang lain, karena siap dengan protokol kesehatan, siap keamanan, siap pangan dan siap cara menangani orang yang terpapar Covid-19 bahkan menguburkan atau pemulasaran jenazah yang positif Covid-19.

Pada awalnya, Polisi ini usil banget ya.. selalu menegor masyarakat atau orang pengendara yang terkadang cuek banget, tanpa rasa berdosa tidak mau mendengar bahkan melihat polisi yang memberikan himbauan pakai masker dengan menggunakan TOA.

Padahal semua itu adalah untuk kebaikan semua, coba bayangkan kita tidak tau siapa yang terkena virus ini, bisa juga saya atau orang terdekat, temen kantor, temen main bahkan keluarga kita, dari tukang sayur pun juga bisa, yang setiap hari istri kita belanja di depan rumah, dengan anggapan bahwa kita sudah di #rumahaja, yang dianggap sudah save aman lah gak akan kena virus.

Kita tidak tau ketemu dengan siapa, memegang apa, memakai apa, atau tangan kita suka usil, mungkin dengan cara itu virusnya nempel akhirnya masuk ke diri kita keluarga, teman kantor, temen main dan orang terdekat, jadi kalau pak Polisi ngomel di jalan atau dimana saja cobalah untuk menghargai, minimal ikutilah dengan pakai masker.

Polisi melalui bhabinkamtibmas selalu memberikan penyuluhan serta pembinaan bagi kampung tangguh yang sudah diresmikan kemarin oleh pak Kapolresta dan pak Dandim serta Walikota, jangan sampai setelah di resmikan jadi kampung tangguh terus melempem dan cuek atau berbesar diri akhirnya protokol kesehatannya dilanggar sendiri.

Hampir setiap hari ada saja kampung yang diresmikan menjadi kampung tangguh, rasanya kok gak ada capeknya bapak bapak polisi yang selalu ikut berperan dalam penanganan Covid-19 ini, seperti berbagi sembako atau beras untuk kampung-kampung tangguh dan juga membagikan masker untuk masyarakat saat di jalan.

Kampung tangguh ini baru tau juga setelah baca-baca, merupakan program Polisi dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 bisa dikatakan untuk memutus mata rantai penyebaran atau apalah istilahnya, saya salut banget tidak hanya keamanan saja pelayanan kepada masyarakat diwujudkan dengan program yang satu ini pembentukan Kampung tangguh yang digagas Polda Jawa Timur dengan sebutan Kampung Tangguh Semeru.
Mantab untuk Pak Polisi yang selalu melayani dengan Ikhlas, harapanya jangan lelah untuk selalu mengabdi, jadilah Polisi yang dicintai dan dipercaya masyarakat.

Video Peresmian Kampung Tangguh Kota Malang @Polresta Malang Kota Official
 

Kampung Tangguh Semeru 2020