NgalamNews || Jakarta – Hipertensi menjadi salah satu penyakit tidak menular yang tidak disadari oleh sebagian besar penderitanya, oleh karena itu penyakit ini dikenal sebagai “the silent killer”. Pada tahun 2018, Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas 2018) menungkap kenaikan prevalensi hipertensi di Indonesia sebesar 8,3% dibandingkan dengan tahun 2013. Dari data ini, diperkirakan hanya 1/3 kasus yang terdiagnosis di Indonesia.

Dikutip dari fimela.com dr. Vito Damay, Sp.JP(K), M.Kes, AIFO-K, FIHA, FICA, FAsCC, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah mengatakan hipertensi dikenal sebagai kontributor utama untuk penyakit jantung, gagal ginjal, dan stroke di Indonesia. Bahkan, penyakit ini kadang tidak sadari karena tidak memiliki gejala namun bisa dicegah.

Untuk itu, memantau tekanan darah secara rutin merupakan salah satu langkah pencegah yang dapat dilakukan.

“Memantau tekanan darah secara rutin merupakan langkah pencegahan yang dapat dilakukan. Penting dilakukan pada yang muda juga apalagi pada orang yang sudah memiliki riwayat tekanan darah tinggi sebagai evaluasi dan monitor pola hidup sehat yang dilakukan atau evaluasi pengobatan.”ungkapnya dalam acara peluncuran HUAWEI Watch D & HUAWEI FreeBuds Pro 2 secara virtual.

Namun sayangnya alat pengukur tekanan darah seperti Tensimeter atau sfigmomanometer sangat tidak flexibel yang sulit untuk dibawa kemana-mana. Bahkan terkadang hanya tenaga kesehatan saja yang bisa melakukannya.

Melihat hal tersebut, HUAWEI meluncurkan HUAWEI Watch D sebuah smart watch yang dilengkapi alat pengukuran tekanan darah akurat, pengukuran EKG (kesehatan ritme jantung) dan memonitor Sp02 serta detak jantung setiap saat.

Edy Supartono, Training Director of Huawei Device Indonesia mengatakan smart watch ini sangat berbeda dengan smart watch yang sudah ada sebelumnya dan telah diuji selama enam tahun lamanya.

“Dilengkapi monitor blood pressure, sistem medical level, dapat mendeteksi tekana darah cukup akurat. Smart watch ini juga menjadi alat pengukur darah on the go atau bisa digunakan kemana-mana. Sebab tekanan darah biasanya tidak pasti, kadanga naik atau turun,” papar Edy.

Eddy juga mengatakan smart watch ini menggunakan airbag dan micropump yang ramping dengan metode oscillography. HUAWEI Watch D merupakan smartwatch pertama di dunia yang mempunyai teknologi micropump untuk pengukuran tensi darah secara presisi.

“Jadi suara lebih minim tidak mengganggu orang lain ketika kita menggunakannya,” ujar Eddy.

Keakuratan pengukuran tekanan darah kerap dipengaruhi oleh posisi pompa pada pergelangan tangan, berkat sensor tekanan beresolusi tinggi, feedback pressure control circuit, dan saluran udara aliran rendah dari HUAWEI WATCH D, memastikan akurasi sistem pengukuran tekanan darah dengan margin of error sebesar ±3mmHg setara dengan alat pengurusan tensi digital di pasaran sekarang ini.

“Teknologi yang disematkan ini memungkinkan pengguna untuk mengukur tekanan darah kapan saja dan di mana saja secara praktis,” paparnya.

Dilengkapi pula dengan double layer airbag yang nyaman digunakan tidak ada rasa sakit seperti yang menggunakan alat pengukur biasa. Lalu dilengkapi dengan penguncian di strap jadi tidak mudah bergeser dan memengaruhi hasilnya. Hingga tidak membuat iritasi.

HUAWEI WATCH D juga mendukung pengukuran detak jantung, dengan sensor EKG yang secara otomatis mengingatkan pengguna untuk melakukan pengukuran EKG segera setelah detak jantung abnormal terdeteksi.

HUAWEI WATCH D juga menghadirkan pemantauan kesehatan secara komprehensif dengan menghadirkan pemantauan kualitas tidur secara ilmiah, SpO2, mendeteksi suhu kulit, pemantauan tingkat stres, dan dilengkapi dengan lebih dari 70 mode olahraga. Untuk ketahanan baterainya, smartwatch ini juga digunakan selama 7 hari.

HUAWEI WATCH D dijual dengan Rp5.499.000, dalam periode ini Huawei hadirkan penawaran cicilan 0% selama 12 bulan dengan angsuran mulai dari Rp458.250 per bulan dan cashback dengan mitra bank sampai dengan Rp200.000. Pelanggan juga akan mendapaktan bonus HUAWEI FreeBuds 4 senilai Rp2.199.000 untuk setiap pembelian HUAWEI WATCH D pada masa promosi 1 – 12 september 2022.

Dalam kesempatan ini, Huawei juga meluncurkan HUAWEI FreeBuds Pro 2, perangkat TWS premium terbaru yang berkolaborasi dengan Devialet-perusahaan teknologi audio premium terkemuka dari Paris.

Produk ini menghadirkan kesempurnaan profesional dari produk TWS melalui inovasi audio yang detail serta premium dan dapat dibeli mulai 1 September 2022 seharga Rp2.799.000 dengan bonus HUAWEI Band 7 senilai Rp 699.000.

By Riyadi