NgalamNews || Apple baru saja memperkenalkan iOS 16 ke pengguna iPhone. Namun, sebagian pengguna mengeluhkan kalau sistem operasi terbaru itu membuat baterai ponselnya menjadi lebih boros.

Dikutip dari suara.com Hal itu dinilai normal karena banyak pembaruan untuk memperbarui seluruh sistem operasi, seperti dilaporkan ZDnet, Senin (19/8/2022).

Pembaruan sistem operasi itu mencakup mengunduh dan memverifikasi, memastikan ada cukup ruang, melakukan pembaruan, membersihkan setelah update, dan membuat efektif aplikasi utama usai pembaruan.

Nah, aktivitas itu memang membutuhkan daya baterai jauh lebih banyak ketimbang penggunaan biasa.

Alhasil, baterai ponsel pun ikut anjlok setelah memperbarui sistem operasi.

Kesehatan baterai iphone

Lebih lagi proses pembersihan yang terjadi usai update software dapat memakan waktu berhari-hari untuk menyelesaikannya.

Hal itu memberikan kesan kalau baterai lebih cepat boros, padahal sebenarnya tidak.

Jadi disarankan pengguna menggunakan iPhone secara normal selama beberapa hari. Kemungkinan masalah baterai boros bisa selesai sendiri.

Tips lainnya adalah melakukan update teratur untuk aplikasi di App Store.

Ada kemungkinan kalau aplikasi itu bermasalah usai diluncurkan iOS 16.

Apple juga dipastikan segera merilis iOS 16.0.1. Jadi pengguna cukup menunggu sistem operasi itu digulirkan karena itu akan memperbaiki berbagai bug, tak terkecuali baterai boros.

Apakah normal apabila Battery Health turun setelah update iOS 16?

Battery Health adalah salah satu fitur yang paling disorot pengguna iPhone.

Battery Health atau Layar Kesehatan Baterai mencakup informasi mengenai kapasitas maksimum dan kemampuan kinerja puncak baterai.

Pengguna bisa melihat status Battery Health itu lewat Settings > Battery > Battery Health.

Kesehatan baterai iphone

Melansir halaman Support Apple, Kapasitas baterai maksimum mengukur kapasitas baterai perangkat relatif dibandingkan pada saat baterai tersebut masih baru.

Kapasitas baterai akan menurun seiring bertambahnya umur kimia baterai, yang mengakibatkan waktu penggunaan perangkat sebelum pengisian ulang berikutnya menjadi lebih singkat.

Bergantung dari lama waktu saat waktu pembuatan iPhone sampai diaktifkan, kapasitas baterai akan berkurang sedikit dari 100 persen.

Baterai normal didesain untuk menyimpan hingga 80 persen kapasitas awalnya di 500 siklus pengisian ulang lengkap saat beroperasi dalam keadaan normal.

Namun hal itu dinilai tidak masalah. Baterai iPhone setidaknya harus baik selama tiga tahun.

Jika lewat dari itu, maka pengguna disarankan untuk segera menukarnya dengan baterai baru. Dythia Novianty | Dicky Prastya

By Riyadi