Timnas Indonesia U-20 bisa membalikkan keadaan di menit-menit akhir laga ketika bertemu Vietnam. (ANTARA FOTO/MOCH ASIM)

NgalamNews || Sederet fakta menarik mengiringi keberhasilan Timnas Indonesia melaju ke Piala Asia U-20 2023 usai mengalahkan Vietnam dengan skor 3-2 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (18/9) malam.

Dikutip dari cnnindonesia.com Setelah mengalahkan Timor Leste dan Hong Kong, Timnas Indonesia U-20 melanjutkan kemenangan dalam laga Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Kemenangan atas Vietnam diperoleh melalui perjuangan tak kenal lelah dari Muhammad Ferarri dan kawan-kawan.

Berikut lima fakta menarik usai Timnas Indonesia mengalahkan Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023:

1. Indonesia selalu mencatatkan kemenangan bila bertemu Vietnam dalam Kualifikasi Piala Asia U-20. Sebelumnya Indonesia juga menorehkan kemenangan ketika bertemu Vietnam dalam Kualifikasi Piala Asia U-20 2008. Ketika itu Indonesia menang 2-0 berkat gol Harmoko dan Risky Novriansyah.

2. Kelolosan Indonesia ke putaran final Piala Asia U-20 2023 menandai kali ke-19 keikutsertaan tim Merah Putih dalam ajang yang dahulu disebut Piala Asia Junior.

Capaian terbaik Indonesia dalam Piala Asia U-20 adalah menjadi juara pada 1961. Selain itu pada 1967 dan 1967 Timnas Indonesia meraih gelar runner up.

Indonesia kali terakhir tampil di Piala Asia U-20 adalah pada empat tahun lalu ketika menjadi tuan rumah. Saat itu anak asuh Indra Sjafri melaju hingga babak perempat final.

3. Indonesia mencetak 12 gol dalam tiga laga Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Catatan tersebut cukup baik jika dibandingkan negara-negara lain yang tergabung dalam grup berisi empat negara lainnya.

Indonesia hanya kalah dari Arab Saudi dan Korea Selatan yang begitu mendominasi grup lain. Sementara jika dibandingkan negara lain yang berisi lima negara dalam satu grup, ada Jepang dan Jordania yang sudah mencetak 20 lebih gol.

4. Terdapat tiga orang top skor di Timnas Indonesia U-20. Masing-masing tiga pemain tersebut mencetak tiga gol. Mereka adalah Hokky Caraka, Marselino Ferdinan, dan Rabbani Tasnim.

Hokky mencetak hattrick saat bertemu Timor Leste, sementara Marselino dua kali membobol gawang Hong Kong dan sekali menceploskan bola ke gawang Vietnam. Sedangkan Rabbani mencetak masing-masing satu gol ketika bertemu Timor Leste, Hong Kong dan Vietnam.

Selain tiga pemain itu, pencetak gol lainnya bagi Timnas Indonesia U-20 adalah Muhammad Ferarri, Zanadin Fariz, dan Alfriyanto Nico.

5. Tiga gol bersarang di gawang Timnas Indonesia U-20 yang dijaga bergantian oleh Cahya Supriadi dan Aditya Arya.

Ketika Cahya tampil, gawang Indonesia tidak kebobolan. Namun setelah Cahya harus diganti karena bertubrukan dengan Beri Santoso, gawang Indonesia bobol sekali saat bertemu Hong Kong.

Sementara dua gol lagi bersarang ketika Indonesia bertemu Vietnam ketika Aditya main penuh 90 menit. Kendati kebobolan tiga kali, kiper Persebaya itu juga melakukan beberapa penyelamatan penting dalam dua laga terakhir Timnas Indonesia di Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. (nva/sry)

By Riyadi