NgalamNews || Apple merilis jajaran iPhone 14 pada Jumat, 9 September. Salah satu fitur baru dalam versi ini adalah kemampuan untuk terhubung ke satelit untuk mengirim pesan darurat ketika tidak ada koneksi WiFi atau data seluler.

Dikutip dari voi.id Apple mengatakan awal bulan ini bahwa model iPhone 14 berisi perangkat keras baru yang memungkinkan layanan pesan darurat, yang rencananya akan diaktifkan oleh Apple dengan pembaruan perangkat lunak yang akan datang pada bulan November. Apple tidak memberikan rincian tentang perangkat keras khusus satelit.

Sebuah perusahaan yang berbasis di San Luis Obispo, California,  iFixit, dikenal memiliki spesialisasi membongkar iPhone dan perangkat elektronik lainnya untuk menilai seberapa mudah mereka dapat diperbaiki. Mereka pun membongkar model iPhone 14 Pro Max pada Jumat, 17 September dan menemukan bahwa chip modem Qualcomm X65 ada di ponsel itu.

Menurut analisis telepon oleh iFixit dan pernyataan Apple, model iPhone 14 Apple Inc memang berisi chip Qualcomm Inc yang dapat terhubung dengan satelit, tetapi memiliki komponen Apple tambahan yang dirancang khusus yang digunakan dalam fitur baru ponsel itu,

Chip Qualcomm menyediakan konektivitas 5G untuk jaringan seluler tetapi juga mampu menggunakan apa yang disebut dengan pita n53, yaitu pita frekuensi yang digunakan oleh satelit dari Globalstar

Globalstar awal bulan ini juga mengumumkan kesepakatan di mana Apple akan mengambil hingga 85% dari kapasitas jaringan satelit Globalstar untuk mengaktifkan fitur pesan darurat baru Apple.

Dalam sebuah pernyataan kepada Reuters pada Sabtu, 17 September Apple mengatakan memang ada perangkat keras dan perangkat lunak baru tambahan di iPhone 14 untuk fitur perpesanan baru.

“iPhone 14 menyertakan komponen frekuensi radio khusus, dan perangkat lunak baru yang dirancang sepenuhnya oleh Apple, yang bersama-sama mengaktifkan SOS Darurat melalui satelit pada model iPhone 14 baru,” kata Apple dalam sebuah pernyataan.

Sementara Qualcomm tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters tentang hal itu. Meski model ini bisa ditiru oleh produsen smartphone lainnya, namun kunci utama adalah kerja sama dengan perusahaan satelit Globalstar. Tanpa ada  koneksi dan izin khusus dari pengelola satelit, maka mustahil  sebuah ponsel bisa terhubung meski memiliki chip tersebut.

By Riyadi