NgalamNews – Malang, YBM (Yayasan Baitul Maal) BRILiaN SBO (Special Branch Office) Malang sukses menggelar grand launching asrama brightscholarship batch 6 Universitas Negeri Malang (UM) – Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang secara luring dengan menerapka ptotokol kesehatan covid-19 yang ketat pada Kamis (31/03) di halaman asrama yang beralamatkan di jalan Sawo No. 7 Kelurahan Klojen Kota Malang. Acara ini dihadiri oleh CEO Regional Office BRI Malang, Mohammad Suratin, Wiwid Nurachmawati, S.P., selaku perwakilan dari UM, Ketua Pengurus YBM BRILian SBO Malang dan jajarannya, mentor dan kepala asrama, para awardee brightscholarship serta para tamu undangan lain.

Dalam sambutannya Mohammad Suratin menyampaikan bahwa YBM BRILiaN merupakan salah satu lembaga unggulan di BRI karena memiliki banyak kelebihan. “Yayasan Baitul Maal BRILiaN merupakan lembaga filantropi islam pengelola dana Zakat, Infaq, Sedekah, dan Wakaf yang dilaksanakan secara profesional sesuai aturan dan ketentuan dalam syariat islam. YBM BRILiaN berkomitmen meningkatkan kualitas hidup dan mobilitas vertikal keluarga dhuafa melalui serangkaian program pendidikan inklusif, pemberdayaan ekonomi, serta program sosial kemanusiaan, sehingga terwujud masyarakat berdaya. Salah satunya yakni dengan beasiswa Bright atau Bright Scholarship untuk Perguruan Tinggi. Secara umum program Bright punya tujuan besar yakni, membentuk generasi intelektual muda yang memiliki jiwa kepemimpinan dan berkarakter ,berdaya saing dan menanamkan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan sehari hari,” ujarnya.

“Para Awardee Bright Scholarship Selain mendapat bantuan pembiayaan pendidikan (UKT), living cost dan fasilitas asrama Selama 3 tahun yang pagi ini akan kita resmikan, mereka juga mendapatkan pembinaan secara intensif baik dari mentor maupun praktisi serta professional. Kelebihan lain adalah para awardee juga mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan networking bersama alumni serta ikut langsung dalam melakukan pengabdian bersama masyarakat, hal ini selaras dengan visi besar YBM BRILian yakni MEMBERI MAKNA INDONESIA,” lanjut Suratin.

Acara yang digelar secara meriah ini diawali dengan pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Zakat YBM BRILiaN, pemberian paket pendidikan kepada anak yatim yang ada di sekitar lingkungan asrama, dan dilanjut acara inti, yakni pemotongan pita, tumpeng dan tanda tangan plakat peresmian serta dormitory tour oleh semua tamu undangan yang dipandu oleh mentor dan kepala asrama. Selain itu, acara juga semakin lengkap dengan adanya tausiah tentang bagaimana adab seorang pencari ilmu yang disampaikan oleh Dr. Luthfi Hakim, M.Pd., dan penampilan tari dari perwakilan awardee.

Terakhir, Bapak Suratin menyampaikan harapannya agar asrama dan program brightscholarship bisa memberikan banyak manfaat. “Semoga asrama dan program bright scholarship yang kita resmikan hari ini tidak hanya bermanfaat bagi awardee saja, tapi juga memberikan manfaat bagi warga sekitar asrama brightscholarship batch 6 UM-UIN khususnya dan warga Malang pada umumnya,” pungkasnya.

Pewarta : Luthfi Maulida Rochmah – Kepala Asrama Brightscholarship UM-UIN

By Riyadi