NgalamNews || Tepat pada hari Sabtu, 9 Juli 2022, malam Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, diadakan takbir keliling di Kampung Pandean Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang yang melibatkan warga RW 09, RW 10, RW 11, dan diundang pula perwakilan dari RW 08.

Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Kecamatan Blimbing, Ibu Nina Sudiarty, STTP., M.Si., Lurah Kelurahan Purwantoro, Bapak Dwi Cahyono, S.T., M.MT., Babinsa Kelurahan Purwantoro, Bapak Serma Hendra, Babinkamtibmas Kelurahan Purwantoro, Bapak AIPTU Puji Laksono, Ketua LPMK Kelurahan Purwantoro, Bapak Khusnul Yaqin, Ketua BKM Kelurahan Purwantoro, Bapak Ageng, Perwakilan ASN se-Kelurahan Purwantoro, Kru Kelurahan Tangguh Purwantoro, para Ketua RW 09-11, dan segenap tokoh masyarakat di Kelurahan Purwantoro RW 09-11.

Kegiatan takbir keliling untuk menyambut Hari Raya Idul Adha ini baru dilakukan tahun ini setelah dua tahun tidak terselenggara karena pandemi COVID-19. Sambutan diberikan oleh Bapak Lurah Kelurahan Purwantoro & Ibu Camat Kecamatan Blimbing sekaligus membuka acara ini. Dalam sambutannya, Bapak Lurah sangat mengapresiasi para pengurus RW dan warga RW 09-11 yang telah menginisiasi kegiatan ini dengan persiapan yang matang, swadaya, dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Kegiatan ini dapat terselenggara karena adanya kerukunan warga Pandean Raya yang diharapkan dapat selalu terjalin untuk membangun Kelurahan Purwantoro.

Ibu Nina Sudiarty, STTP., M.Si. selanjutnya memberikan sambutan yang juga berisi apresiasi terhadap kegiatan ini dan tetap menghimbau warga untuk mematuhi protokol kesehatan karena kasus positif COVID-19 masih tetap ada. Setelah menyampaikan sambutan, Ibu Camat, dengan didampingi oleh Bapak Lurah dan para tokoh masyarakat di RW 09-11 membuka acara. Para peserta takbir keliling yang terdiri dari murid-murid TPQ dan SD di sekitar Pandean Raya, Ibu-ibu PKK, dan segenap warga Pandean Raya yang mengikuti kegiatan ini segera memulai perjalanan takbir keliling dengan rute Jalan Bauksit, Jalan Marmer, Jalan Phospat, Jalan Silikat dan kembali lagi ke Jalan Marmer dan berakhir di Jalan Bauksit.

Panitia kegiatan yang terdiri dari perwakilan dari para pengurus RW 09-11, Ibu-Ibu PKK RW 09, komunitas relawan IQR for Humanity Malang, dan Komunitas Aksara Bhineka bekerja sangat baik menertibkan jalannya acara dan warga yang menonton sehingga acara dapat berjalan sesuai harapan. Tampak warga Pandean Raya yang sangat antusias dalam menyambut kegiatan ini sambil bertakbir dan menikmati pertunjukan yang sangat kreatif dari masing-masing RW. Ada yang menampilkan perahu Nabi Nuh, miniature masjid, dan pawai dengan mengumandangkan takbir.

Kedepannya, diharapkan acara ini dapat terselenggara dengan teratur, diikuti oleh lebih banyak peserta dari Pandean Raya, meningkatkan kerukuran warga Pandean Raya, dan secara tidak langsung, menumbuhkan kreatifitas warga dalam membuat karya penampilannya dalam pawai. (DRM)

By Riyadi