Kesehatan
Gaya Hidup Sehat Sebagai Tameng Dari Berbagai Jenis Penyakit

Gaya Hidup Sehat Sebagai Tameng Dari Berbagai Jenis Penyakit

Ngalamnews – Gaya hidup sehat merupakan cara kita menjalani hidup guna menurunkan resiko terkena penyakit yang mengakibatkan meninggal di usia muda.

Faktanya memang penyakit tidak bisa dicegah, namun sebagian besar penyakit kronis seperti jantung koroner dan kanker bisa dihindari dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Oleh karena itu, penting untuk segera memulai gaya hidup sehat agar kualitas hidup meningkat secara keseluruhan.

Menerapkan pola makan sehat dan Teratur
Menjaga pola makan adalah salah satu langkah awal dalam menerapkan pola hidup sehat. Membiasakan konsumsi makanan yang bergizi dan seimbang, seperti sayur dan buah, menghindari makanan yang mengandung bahan kimia, serta memperbanyak konsumsi air putih. Memperbanyak konsumsi sayur dan buah sangat penting untuk mendapatkan asupan serat, vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain buah dan sayur, kita bisa mengkonsumsi ikan dan daging dalam jumlah yang seimbang untuk menambah asupan nutrisi. Satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya, usahakan untuk menghindari atau setidaknya mengurangi konsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet.

Berolahraga secara teratur
Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan olahraga secara teratur, diantaranya adalah meningkatkan kekuatan otot, memperkuat daya tahan tubuh, serta meningkatkan kesehatan jantung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang berjalan kaki 30 menit setiap hari dapat mengurangi resiko meninggal di usia muda, dibandingkan dengan orang yang jarang berolahraga.

Memperbaiki Waktu Tidur
Kualitas tidur yang buruk bisa menyebabkan masalah kesehatan dan meningkatkan risiko terjadinya penyakit kronis, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit jantung, yang dapat menurunkan harapan hidup seseorang. Untuk meningkatkan kualitas tidur, sebaiknya buat jadwal tidur yang sesuai dengan kebutuhanmu. Orang dewasa biasanya membutuhkan waktu tidur sekitar 7–9 jam setiap malam. Namun, tiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

Mengontrol Stres
Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik, dan keduanya berjalan seiringan. Cara orang mengatasi stres sangatlah beragam ada yang berlibur, makan, olahraga, melakukan hobi yang membuat mereka senang, dsb. Begitupun stres bisa dikendalikan melakukan aktivitas yang membuat kita senang. Bersosialisasi juga dapat meminimalisir terjadinya stres karena dengan bersosialisasi kita merasa tidak kesepian, apalagi menghabiskan waktu bersama keluarga atau orang terkasih. Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik merangsang produksi endorfin. Endorfin adalah bahan kimia otak yang membuat kita merasa lebih bahagia dan lebih tenang.

Mari bersama-sama menerapkan gaya hidup yang lebih sehat dimulai dari sekarang. Apalagi ditengah pandemi Covid-19 ini, tentunya akan sangat bermanfaat jika kita membiasakan diri untuk hidup sehat. Selain bermanfaat untuk diri sendiri, gaya hidup sehat juga dapat berdampak kepada orang sekitar terutama keluarga kita. (ndh)