NgalamNews || Sebuah foto komet langka memenangkan penghargaan fotografi bergengsi. Hal ini karena komet itu tidak akan lagi melewati tata surya.

Dikutip dari indonesiainside.id Gambar itu menunjukkan bagian dari ekor Komet Leonard yang putus dan terbawa angin matahari, lansir laman BBC News Indonesia, Ahad (18/9).

Komet itu muncul sesaat dan terlihat dari Bumi pada tahun 2021, tetapi sekarang ia telah meninggalkan Tata Surya kita.

Royal Observatory Greenwich di London selaku penyelenggara kompetisi Fotografi Astronomi menyebut gambar itu “menakjubkan”.

Acara itu juga menganugerahkan dua anak laki-laki berusia 14 tahun di Sichuan, China, hadiah dalam kategori Fotografer Astronomi Muda Tahun Ini.

Gambar-gambar tersebut dipamerkan dalam sebuah pameran di Museum Maritim Nasional di London mulai Sabtu.

“Komet terlihat berbeda dari jam ke jam – mereka adalah hal yang sangat mengejutkan,” kata fotografer gambar yang memenangi penghargaan itu, Gerald Rhemann, dari Wina, Austria.

“perpaduan antara sains dan seni. Tidak hanya canggih secara teknis dan memproyeksikan pemirsa ke ruang gelap yang dalam, tetapi juga secara visual menarik dan emosional,” kata Dr Hannah Lyons, asisten kurator seni di Royal Museums Greenwich, kepada BBC.

Para juri menilai lebih 3.000 foto astronomi dari seluruh dunia.

Sementara itu, untuk mendapatkan gambar yang meraih kemenangan, Yang Hanwen dan Zhou Zezhen, keduanya berusia 14 tahun, bekerja sama memotret Galaksi Andromeda, salah satu tetangga terdekat dan terbesar dari Bima Sakti.

Gambar tersebut menunjukkan warna galaksi yang menakjubkan di dekat galaksi kita “Saya pikir foto ini menunjukkan betapa cantiknya tetangga terdekat kita,” kata Yang Hanwen.

Kategori Fotografer Astronomi Muda Tahun Ini diberikan kepada insan berusia di bawah 16 tahun.

Dr Lyons mengatakan dia “terpesona” oleh kualitas fotografer muda itu, “menghasilkan gambar yang paling luar biasa”.(Nto)

By Riyadi