Desember 2, 2021

Dosen FK UB Kembali Gelar Webinar dengan Tema “Optimalisasi Periode Emas dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak”

NgalamNews – Webinar “Optimalisasi Periode Emas dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak” diselenggarakan oleh dosen dari Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya sebagai kelanjutan rangkaian Pengabdian Masyarakat. Setelah sebelumnya telah melakukan edukasi secara online pada ibu balita tentang Pencegahan Stunting dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan.

Topik utama webinar kali ini adalah tentang seribu hari pertama kehidupan. Diambilnya topik utama tersebut dikarenakan pada masa ini otak anak berkembang dengan sangat pesat. Apa yang terjadi pada diri anak pada masa sensitif ini akan menjadi fondasi bagi pertumbuhan dan perkembangan anak pada tahapan selanjutnya, bahkan berdampak hingga masa dewasa. “Oleh karena itu dengan adanya kegiatan ini diharapkan seluruh peserta baik dari tenaga kesehatan, mahasiswa kesehatan, dan masyarakat umum bisa menjadi pelopor dan penggerak untuk meningkatkan kualitas gizi, stimulasi dan asuhan pada masa 1000 hari pertama kehidupan khususnya di masa pandemi ini” ujar Ratna Diana Fransiska, SST., MPH selaku ketua kegiatan Pengabdian Masyarakat.

Dilaksanakan secara daring yakni melalui Zoom Meeting dan live streaming Youtube, webinar ini diikuti oleh ribuan peserta yang tersebar dari beberapa Provinsi di Indonesia. Dalam webinar ini terdapat 3 materi yang disampaikan oleh para narasumber.

Materi pertama dengan judul “Pemenuhan Nutrisi 1000 HPK dalam Masa Golden Period di Era Pandemi” disampaikan oleh Annisa Rizky Maulidiana, S.Gz., M.Sc yang merupakan dosen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Brawijaya. Dalam materinya, beliau memaparkan tentang pentingnya kebutuhan nutrisi pada masa golden periode, sehingga ibu dapat memberikan nutrisi yang tepat sesuai dengan kebutuhan anak. Setelah penyampaian materi, terdapat sesi tanya jawab, dimana disini sangat nampak antusiasme peserta menanyakan apa yang belum dipahami melalui google form yang telah disediakan panitia.

Materi kedua  disampaikan oleh  dr. Astri Proborini, Sp.A., M.Biomed dengan topik “Stimulasi Pertumbuhan dan Perkembangan Balita pada Masa Golden Period”. Beliau merupakan dokter Spesialis Anak sekaligus dosen di Jurusan Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Beliau

Materi yang disampaikan terkait dengan bagaimana mengoptimalkan tumbuh kembang anak dengan dengan pemberian stimulasi yang tepat dan pada setiap tahapan usia. Cara memantau tumbuh kembang anak dengan memanfaatkan buku KIA dan media lain juga disampaikan dengan sangat jelas oleh pemateri, sehingga peserta dapat mengaplikasikannya dalam praktik sehari-hari.

Materi terakhir disampaikan oleh seorang Psikolog yang memang ahli di bidang parenting, membawakan topik “Pola Pengasuhan Positif dan Cara Menjaga Kesehatan Mental untuk Ibu Balita Selama Masa Pandemi”, yaitu Ayu Dewanti Putri, M.Psi., Psikolog. Materi yang disampaikan ibu Ayu menjadi menarik karena memang sangat relate dengan kehidupan ibu yang memiliki balita saat ini. Dimana ibu dituntut tetap waras untuk mendampingi dan mengasuh anak selama masa pandemi. Pemateri juga memberikan tips-tips tentang bagaimana memberikan pola pengasuhan yang positif untuk anak dan cara mengurangi stress sebagai orangtua.

Ketiga materi tersebut disampaikan dengan menarik, terlihat dari jumlah penanya pada agenda tanya jawab sesi pertama, kedua, dan ketiga yang sangat banyak namun karena keterbatasan waktu hanya beberapa soal yang bisa dijawab. Pada akhir agenda, diberikan pula doorprize untuk 10 orang yang beruntung. Post-test juga diberikan sebelum penutupan untuk mengetahui seberapa besar materi berhasil diserap oleh peserta. Webinar ini dapat berakhir dengan lancar dan ditutup pada pukul 12.15 WIB.