NgalamNews – Prestasi Fakultas Teknik Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB), tidak bisa terbantahkan lagi.

Setelah masuk kategori Zona Integritas, FTP UB menjadi penyumbang pengusung Hak Paten terbanyak se Indonesia.

Hal itu disampaikan Dekan Fakultas Teknik Pertanian, Dr. Ir. Imam Santoso, MP saat Dies Natalis ke 24 di Gedung Samanta Krida, Universitas Brawijaya, Rabu (26/1/22).

“Dalam 2 tahun terakhir, UB menjadi pengusul paten terbanyak se Indonesia. Sebagian besar dari FTP. Senentara untuk Zona Integritas, menjadi salah satu dari 5. perguruan tinggi di Indonesia. Mendapat penghargaan dari Kemenpan RB,” ujarnya.

Ia menyebut, saat ini FTP sudah ada 11 program study. Bahkan, satu sudah terakreditasi International. Bahkan, di tahun 2021, sudah devisit akreditasi internasional. Hasilnya, akan diketahui dalam 1 atau 2 bulan mendatang.

“Selain itu, sudah 6 program study disabmit untuk akreditasi internasional. Diharapkan, di tahun 2022 ini sudah 100 % terkareditasi Internasional. Artinya, FTP UB terakreditasi Internasional,” lanjut dia kepada reporter City Guide FM.

Lebih lanjut, kedepan Internasionaisasi menjadi visinya. Untuk itu, salah langkah, akan dilakukan konferensi internasional setiap bulan.

“Internasional Konferensi, berkolaborasi dengan perguruan tinggi di dunia. Hal itu dilakukan, untuk membangun reputasi dan afmosfir iternasional,” pungkasnya.

Saat ini, di FTP UB sedang dikembangan laboratorium maju. Tujuanya, mendukung dosen untuk publikasi di jurnal internasional bereputasi. (Ocky)

Reporter: Ocky Novianton

By Riyadi