NgalamNews – Hai kawan, kamu harus tahu selain di Kota Batu, di Kabupaten Malang juga ada Desa Penghasil Susu Sapi Perah. namanya desa Jabung yang terletak di Kecamatan Jabung, banyak warganya yang memelihara sapi perah. Selain pemandangan alamnya yang indah, terdiri dari bukit-bukit dan jurang yang begitu subur, sapi-sapi di sini terlihat gemuk dan terawat.

Warga Desa Jabung sangat mengandalkan penjual susu di kota Malang dan Koperasi Pertama Syariah Produsen untuk menjual susu dari sapi perah peliharaannya. Uniknya, warga desa yang menyetor susu sapi perah ke KPSP memiliki kartu saldo SISKEUDES seperti ATM yang difungsikan sebagai saldo debit maupun kredit warga desa yang aktif menyetor susu perah ke koperasi. Sehingga dengan adanya kartu sistem tersebut dapat sedikit demi sedikit membantu perekonomian warga. Misalnya, warga mau menyicil membeli barang elektronik dapat pesan ke koperasi dan lalu dipotong melalui kartu saldo koperasi.

Namun dapat disayangkan sekali, desa yang indah dengan tanahnya yang subur ini jika tidak dikunjungi banyak orang. Sesungguhnya, potensi untuk menjadi desa wisata itu ada, mulai dari hewannya, pertaniannya, bunga pun sangat indah dan subur tumbuh di sini. Selain itu pengolahan biogas untuk keperluan rumah tangga sudah dilakukan, air langsung dari mata air begitu jernih untuk dikonsumsi dan MCK.

Namun masih dapat ditemukan di desa ini beberapa kendala yang dirasakan warga. Menurut Bu Tuti salah satu warga pemerah susu sapi yang juga merupakan anggota koperasi, “Sakjane melihara sapi iku mbak lek duwe wolu, sedoso, sugih wes. Aku itu mbak sapiku mati 6 goro penyakit, bangkrut wes aku, mari ngono Corona di kota sepi jualan susu.” (Sebenarnya mbak pelihara sapi itu kalau punya 8 atau 10 sudah kaya. Aku itu mbak sapiku mati 6, bangkrut sudah, setelah itu Corona jualan di kota sepi). Begitu curhatan warga kepada penulis.

Dapat disimpulkan bahwa di sini pembinaan, perawatan dan pengawasan hewan ternah khususnya sapi perah masih kurang, terutama dari pihak pemerintah dalam hal ini kementerian kesehatan. Mungkin dapat dilakukan pembinaan penanganan sapi perah jika terkena penyakit, vaksinasi, imuniasasi atau pengobatan gratis dan pengawasan secara berkala akan kesehatan sapi di Jabung. (Milla)

By sugeng