NgalamNews || Meski sepele, lendir di tenggorokan begitu mengganggu dan bikin tidak nyaman. Cek beberapa cara membersihkan lendir di tenggorokan yang efektif tanpa obat berikut.

Dikutip dari cnnindonesia.com Lendir melindungi sistem pernapasan sebagai pelumas dan penyaring. Alergen, virus, debu dan kotoran lain akan menempel pada lendir lalu keluar dari sistem pernapasan.

Namun kadang ada beberapa kondisi yang membuat produksi lendir oleh selaput lendir jadi berlebihan seperti, refluks asam lambung, asma, alergi, infeksi penyakit, kondisi lingkungan dan gaya hidup.

Saat produksinya berlebihan, tentu hal ini cukup mengganggu. Berikut cara membersihkan lendir di tenggorokan tanpa harus menggunakan obat.

1. Kumur dengan air garam

Biasanya air garam diandalkan untuk urusan masalah mulut. Namun ramuan sederhana ini juga bisa membantu membersihkan tenggorokan Anda.

Seperti dilansir dari Healthline, air garam akan membersihkan lendir dan bisa membunuh bakteri. Caranya, cukup campur air hangat dan garam secukupnya. Setelah itu, kumur hingga ke area belakang mulut (gargle) dan buang.

2. Cukup minum

Sebaiknya jaga hidrasi tubuh dengan mencukupi kebutuhan cairan. Seperti dilansir dari Medical News Today, tubuh yang terhidrasi akan menjaga lendir tetap tipis.

Kemudian saat Anda sakit pilek, menambah porsi cairan akan membantu mengencerkan lendir dan mengeringkan sinus. Mereka yang alergi musiman juga menemukan bahwa tetap terhidrasi akan membantu mengurangi hidung tersumbat.

3. Pakai pelembap udara

Udara kering berpotensi mengiritasi hidung dan tenggorokan. Untuk mengkompensasi kekeringan di saluran pernapasan, selaput lendir akan memproduksi lendir ekstra.

Sebaiknya buat udara di ruang atau kamar lebih lembap dengan bantuan humidifier. Udara yang lembap akan mencegah produksi lendir tambahan sehingga mencegah sakit tenggorokan dan meningkatkan kualitas tidur.

4. Mandi air hangat

Mandi air hangat merupakan salah satu cara membersihkan lendir di tenggorokan. Mengapa? Selama Anda di kamar mandi, uap air akan membantu melonggarkan dan membersihkan lendir.

Anda juga bisa membiarkan air hangat mengalir di wajah juga bisa meredakan tekanan sinus.

5. Hindari merokok

Punya kebiasaan merokok? Sebaiknya upayakan untuk menghindari kebiasaan satu ini. Rokok termasuk iritan yang memicu produksi lendir.

Selain rokok, sebaiknya juga hindari wewangian menyengat, bahan kimia, dan polusi. Iritan-iritan ini akan memicu selaput lendir untuk memproduksi lendir lebih banyak.

6. Pakai minyak kayu putih

Daripada obat kimia, Anda bisa menggunakan minyak oles termasuk minyak kayu putih untuk meredakan batuk dan mengurangi lendir. Minyak kayu putih bisa dioleskan langsung di dada, punggung dan leher.

Jika ada diffuser di rumah, pilih minyak esensial jenis eucalyptus dan tambahkan beberapa tetes. Langkah ini akan membantu membersihkan hidung.

7. Tidak perlu memaksakan diri untuk batuk

Batuk adalah mekanisme alami tubuh saat menemukan benda asing di saluran pernapasan. Namun kadang orang berusaha batuk agar lendir keluar.

Memaksakan diri untuk batuk malah akan membuat tenggorokan semakin tidak nyaman dan ini bukan cara membersihkan lendir di tenggorokan. (els/chs)

By Riyadi