NgalamNews || Bulan depan, sejumlah pengguna WhatsApp tak bisa lagi mengakses platform itu. Karena WhatsApp menghentikan dukungan pada beberapa sistem operasi iOS dan Android lama.

Dikutip dari cnbcindonesia.com Aturan tersebut akan mulai diimplementasikan pada 24 Oktober 2022 mendatang. Nantinya WhatsApp hanya akan bisa digunakan pada iOS 12 atau lebih baru dan Android OS 4.1 atau lebih baru.

Jadi WhatsApp tidak akan bisa digunakan pada iPhone dengan iOS 10 dan iOS 11. Menurut perusahaan, sistem operasi itu sudah terlalu lama dan WhatsApp akan terus memperbarui fitur-fiturnya.

“Seperti perusahaan teknologi lainnya, setiap tahun kami meninjau perangkat dan perangkat lunak mana yang paling lama dan memiliki jumlah pengguna paling sedikit untuk menentukan dukungan apa yang akan dihentikan,” tulis WhatsApp, dikutip dari laman resmi platform tersebut.

Perangkat dengan sistem operasi lama tidak memiliki pembaruan keamanan terbaru. Selain itu tidak punya sejumlah fungsionalitas pada WhatsApp.

Beberapa iPhone yang terdampak adalah iPhone 5S, iPhone 6 dan iPhone 6S. Pengguna perlu memperbarui iOS ke iOS 12.

Namun untuk iPhone 5 dan iPhone 5C yang masih menggunakan iOS 10 serta iOS 11 tidak kompatibel untuk upgrade ke iOS 12, ujar laporan Business Insider. Jadi pengguna ponsel-ponselitu tidak bisa lagi menggunakan WhatsApp di masa depan. (npb)

By Riyadi