Wisata
Berwisata dan Belajar membuat Keramik di “Sentra Kerajinan Keramik Dinoyo”

Berwisata dan Belajar membuat Keramik di “Sentra Kerajinan Keramik Dinoyo”

Ngalamnews – Ada yang sudah pernah dengar apa itu kampung keramik? Yap!! Kampung Keramik merupakan salah satu kampung tematik yang ada di Kota Malang, disini terkenal dengan kerajinan tangan seni keramik Dinoyo. Salah satu kerajinan keramik yang masih diproduksi hingga saat ini, meskipun seperti hidup segan matipun tak mau.

Kampung Keramik ini berdiri sejak tahun 1957 berawal dari aktivitas warga sekitar yang memproduksi gerabah sederhana serta perlengkapan rumah tangga. Seiring berjalannya waktu, pengaruh keramik dari China mulai masuk ke Indonesia, termasuk di Malang. Perpaduan bahan keramik lokal dan China menjadikan jenis keramik semi porselen. Hingga saat ini, perpaduan ini masih digunakan oleh para perajin keramik, tak heran jika memasuki kampung ini banyak corak keramik yang memanjakan mata.

Keunikan keramik Dinoyo terlihat pada corak, desain, dan warna natural yang digunakan pada sebagian besar produknya. Motif bunga dan daun dengan warna yang sejuk menjadi andalan kampung ini.

Sederetan toko yang menyuguhkan berbagai jenis keramik seperti vas, mug, cangkir mini, teko lucu, serta berbagai jenis hiasan dan souvernir memberikan sensasi keindahan tersendiri. Harga yang dibandrol pun cukup ramah dikantong pembeli. Beberapa toko yang memproduksi keramiknya sendiri akan memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk merasakan sensasi membuat keramik.

Lokasinya tak jauh dari pusat kota Malang, tepatnya di Jl. MT Hariyono Dinoyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang. Tak perlu membayar biaya tiket untuk masuk ke kampung ini. Gimana nih, tertarik bukan untuk berkunjung ke Kampung Keramik ini? (indah)