Bersepeda Aman dan Nyaman Ala Komunitas Gowes Satu Hati (GSH)

Bersepeda Aman dan Nyaman Ala Komunitas Gowes Satu Hati (GSH)

Ngalamnews – Selamat berakhir pekan sobat Ngalamnews. Akhir pekan merupakan hari yang ditunggu-tunggu bagi kebanyakan orang. Akhir pekan biasanya digunakan untuk bersantai bersama keluarga maupun berolahraga.

Olahraga yang masih tren dan digandrungi sampai saat ini adalah bersepeda. Oleh karenanya, yuk kita ulik bersepeda yang Aman dan Nyaman bersama komunitas Gowes Satu Hati atau GSH.

Komunitas GSH adalah salah satu komunitas yang mewadahi  para pesepeda di kota Malang. Komunitas ini berdiri sejak bulan Maret tahun 2018 yang di pelopori oleh Bapak Fajar Mulyadi (ketua GSH).

Komunitas GSH berawal dari segelintir orang yakni Bapak Fajar bersama teman-temannya yang memiliki hobi sama yakni bersepeda.

Dari sinilah GSH muncul. Bermula dari night ride, hingga kini sudah memiliki ratusan anggota di GSH. Sehingga GSH menjadi pencetus Gowes Malam atau Night Ride di Kota Malang.

Kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh komunitas GSH adalah Night Ride. Namun seiring berjalannya waktu kekeluargaan GSH semakin erat, maka mulailah menambah kegitan Sedekah Subuh dan banyak kegiatan sosial lainnya untuk memulai campaign “Social Cycling Community”.

Kembali ke topik awal yakni bersepeda yang Aman dan Nyaman. Pada setiap kegiatan, GSH selalu menekankan Safety Riding.

Berdasarkan undang-undang tentang sepeda, disepakati bahwa perengkapan yang harus dipakai untuk menunjang “Safety Riding” adalah Sepeda aman (ban tidak kempes/bocor), Memakai Helm, Memakai Sarung Tangan, Membawa Air Minum dan Memakai Masker (karena situasi dan kondisi masih pandemi).

Apabila bersepeda di malam hari, diwajibkan untuk menambah lampu penerangan didepan dan belakang.

Etika bersepeda yang baik adalah menggunakan lajur kiri. Ketika mau berbelok barulah merapat ke lajur kanan. Namun apabila sudah ada lajur khusus untuk sepeda, maka diwajibkan untuk mengikuti lajur tersebut.

Selamat berakhir pekan sobat Ngalamnews, tetap taati protokol kesehatan dan utamakan “Safety Riding”. Salam sehat.